Selasa, 01 Okt 2019 07:30 WIB

Pelajar Demo Sambil Merokok, Gambaran Miris Perokok Muda di Indonesia

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Massa pelajar di sekitar gedung DPR (Farih/detikcom) Foto: Massa pelajar di sekitar gedung DPR (Farih/detikcom)
Jakarta - Pada hari Senin (30/9/2019) kelompok pelajar kembali melakukan aksi demo di belakang gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Massa pelajar yang berkumpul beberapa kali tertangkap kamera sedang menghisap rokok.

Potret tersebut menggambarkan kondisi miris jumlah perokok muda di Indonesia. Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 persentase perilaku merokok di kalangan remaja sebesar 9,1 persen, meningkat dari Riskesdas 2013 yakni 7,2 persen.


Pemerhati kesehatan dr Amalia Usmaianti yang akrab disapa dr Amel menyebut hal ini bisa terjadi salah satunya karena ketidakpedulian keluarga terhadap perilaku anak.

"Saya lihat di lapangan mereka-mereka juga itu contoh dari keluarganya. Dari awal keluarga enggak memberitahu anak yang merokok itu ya susah karena pergaulan juga enggak baik," kata dr Amel pada detikcom.

"Anak-anak ini ngerokok bisa karena kesempatan, merasa enggak diawasi. Padahal ini dululah yang diperbaiki, kesehatan," lanjut dokter yang juga pernah mengabdi di Papua lewat program Nusantara Sehat ini.

Pada akhirnya pecah kericuhan antara pelajar dan polisi di belakang gedung DPR. Polisi berupaya memecah massa dengan menembakkan gas air mata.



Simak Video "Tips Jaga Anak Menghindari Budaya Merokok"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)