Selasa, 01 Okt 2019 12:16 WIB

Cakupan Imunisasi Rendah, 5 Daerah Ini Rentan Terjangkit Polio dari Filipina

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pemberian imunisasi polio. (Foto: Rachman Haryanto) Pemberian imunisasi polio. (Foto: Rachman Haryanto)
Jakarta - Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, Anung Sugihantono mengatakan ada hubungan kekerabatan yang sangat erat antara Indonesia dan Filipina dan hampir setiap hari terjadi transmigrasi antar kedua negara tersebut yang menjadikan Indonesia rentan mengalami penularan virus polio yang saat ini tengah mewabah di Filipina.

Inisiasi untuk mencegah penularan adalah dengan pemberian imunisasi dengan capaian 95 persen. Sayangnya terdapat beberapa daerah yang dekat dari Filipina dan cakupannya belum mencapai target.

"Di dalam konteks ini kita melihat ada beberapa provinsi yang harus menjadi perhatian kita sampai di level desa untuk kita lihat mana yang perlu mendapat kejelasan (kerentanan polio-red)," sebut Anung saat dijumpai di Gedung Kementerian Kesehatan Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (30/9/2019).


Mengutip data Kementerian Kesehatan, berikut provinsi yang memiliki kedekatan sosial dan transportasi dari dan ke Filipina beserta cakupan imunisasi polio ketiga sampai Juli 2019.

- Sulawesi Utara: 44,1 persen
- Kalimantan Utara: 47,2 persen
- Kalimantan Timur: 45,5 persen
- Maluku Utara: 35,7 persen
- Papua Barat: 28,2 persen

"Kita dan teman-teman di Miangas sudah membuat 'benteng' untuk meningkatkan coverage imunisasi tetapi persoalannya kan bukan hanya di Miangas. Risiko di Jakarta juga sama kalau kita tidak melakukan pengawasan tentang hal-hal semacam itu," pungkasnya.



Simak Video "Kampanye Positif Tingkatkan Kepedulian dan Pemahaman Soal Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)