Selasa, 01 Okt 2019 12:45 WIB

1 Oktober Hari Vegetarian, Apa Sih Perbedaan Vegetarian dan Vegan?

Michelle Natasya - detikHealth
Tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Vegetarian Sedunia (Foto: Istock) Tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Vegetarian Sedunia (Foto: Istock)
Jakarta - Tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Vegetarian Sedunia. Banyak orang yang masih sering salah kaprah menyangka vegan merupakan singkatan dari vegetarian. Padahal keduanya berbeda meski sama-sama memiliki banyak manfaat kesehatan.

Meski terdengar serupa, terdapat perbedaan vegetarian dan vegan yang sangat mencolok. Praktisi vegan, Vivian Amelia, pernah menjelaskan pada detikcom bahwa diet vegetarian adalah sebutan bagi mereka yang tidak mengonsumsi daging hewan, tetapi masih mengonsumsi produk hewani lainnya. Yang termasuk dalam vegetarian food adalah buah, sayur, biji-bijian, kacang-kacangan, susu, madu, dan telur.

Sedangkan, diet vegan adalah tingkatan yang lebih tinggi dari penganut pola makanan nabati. Kelompok ini sama sekali tidak memakan hewan dan produk turunannya. Bahkan madu dari lebah pun dihindari.



Meskipun berbeda, manfaat vegetarian dan vegan bagi kesehatan tubuh hampir serupa. Dikutip dari Buzzle, berikut beberapa di antaranya:

1. Vegetarian

- Menurunkan kolesterol
- Mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke
- Menurunkan berat badan
- Mengurangi risiko diabetes.

2. Vegan

- Menjaga kesehatan jantung
- Menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol
- Menurunkan risiko diabetes
- Mencegah kanker payudara serta degeneratif tulang yang terkait dengan usia, artritis atau osteoporosis.

Jadi kamu pilih mana, nih, diet vegetarian atau diet vegan? Sharing di kolom komentar ya.



Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)