Kamis, 03 Okt 2019 06:38 WIB

Sarapan di Rumah Vs di Kantor, Mana yang Lebih Baik?

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi sarapan di kantor. Foto: ilustrasi/thinkstock Ilustrasi sarapan di kantor. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Sarapan kerap dikatakan sebagai jadwal makan yang paling penting dalam satu hari. Sayangnya, jadwal yang padat atau bangun kesiangan menyebabkan tidak sempat mengisi perut sebelum beraktivitas.

Kondisi tersebut biasanya diakali dengan sarapan di kantor, atau dikutip dari BBC good food disebut sebagai desk-fasting. Menurut pemerhati hidup sehat dan jurnalis Joanna Blythman, desk-fasting sebaiknya tidak jadi kebiasaan. Apalagi dengan menu serba instan atau asal kenyang dan cepat.

"Saya merasa kebiasaan ini sangat tidak baik. Pertama, meja kantor bukan tempat yang bersih. Papan ketik komputer dan telepon kantor adalah sarang kuman yang besar. Silahkan jika ingin disebut kuno, tapi saya sangat menikmati sarapan di rumah. Bagi saya, sarapan di rumah sangat penting," kata Blythman.

Menurut Blythman, sarapan memungkinkan kontrol, menghemat uang, dan menjamin yang dikonsumsi lebih sehat dan bertahan lama dalam perut. Selain itu, sarapan di rumah memungkinkan Blythman menyiapkan diri secara psikologis sebelum menghadapi aktivitas harian. Sarapan juga menjadi waktu pribadi untuk menenangkan diri.



Bagi yang benar-benar tidak punya waktu untuk sarapan di rumah, berikut 3 tips untuk memastikan desk-fasting tetap bersih dan berkualitas dikutip dari verywellfit.

1. Bawa bekal

Saat ini tidak sulit menemukan berbagai menu sehat dan praktis yang bisa dibawa ke kantor. Bekal memudahkan diri menolak godaan berbagai jajanan yang enak, namun tidak baik untuk kesehatan.

2. Datang lebih awal

Supaya bisa sarapan dengan tenang, disarankan datang 15 menit sebelum jam kantor dimulai. Sambil makan bisa me-review berbagai tugas harian yang harus dilaksanakan tiap hari dengan tenang.

3. Sarapan bareng

Ide sarapan bareng bersama teman bisa memperbaiki mood sebelum memulai aktivitas harian. Ide ini juga bisa menjadi sarana menyiapkan menu sehat setiap hari.



Simak Video "3 Ide Sarapan Sehat yang Simple ala Petite Diva"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/wdw)