Kamis, 03 Okt 2019 16:06 WIB

Trik Curi-curi Tidur Siang Agar Tak Kena Tegur Atasan yang Galak

Michelle Natasya - detikHealth
Ada beberapa trik agar tak kena tegur saat tidur siang di tempat kerja (Foto: Thinkstock) Ada beberapa trik agar tak kena tegur saat tidur siang di tempat kerja (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Viral di media sosial foto anggota DPR, Achmad Fadil Muzakki Syah alias Lora Fadil, tertidur di ruang rapat paripurna. Pada wartawan, Fadil mengaku kelelahan.

Selama ini tidur siang apalagi di tempat kerja, seringkali dilabeli sebagai perilaku malas-malasan. Padahal padatnya jam kerja seringkali membuat tubuh merasa lelah dan membutuhkan re-charge.

Berbagai penelitian menyebut, tidur siang selama beberapa saat bisa mengembalikan kebugaran otak. Produktivitas kerja bisa meningkat lagi karenanya.

Sayangnya, tidak semua atasan mau tahu alasan tersebut. Tak jarang bila ada karyawan ketahuan tidur siang, bukan didukung malah kena teguran.

Dikutip dari Inc.com, berikut beberapa trik untuk colong-colong tidur siang di tempat kerja agar tak ditegur atasan yang galak:




1. Tidur siang di dalam mobil

Selalu parkirkan mobil Anda sedikit jauh dari kantor. Jika ada yang bertanya mengapa Anda parkir jauh, bilang saja anda perlu berolahraga. Jika kantor memiliki tempat parkir, parkirlah di sudut belakang. Ketika Anda merasa perlu untuk tidur siang, tempelkan catatan yang masuk akal yang menjelaskan mengapa Anda tidak berada di meja. Kemudian, pergilah ke mobil, turunkan kursi belakang, atur alarm ponsel, dan tidur sianglah.

2. Tidur siang di ruang rapat

Sebagian besar gedung kantor memiliki beberapa ruang konferensi untuk rapat. Berbeda dengan kantor, ruang konferensi sering memiliki pintu tanpa jendela di dalamnya. Jika demikian, jadwalkan rapat di ruang konferensi terkecil, tetapi jangan mengundang siapa pun. Pergilah ke ruang rapat, tutup pintu, dan tidurlah. Duduklah dekat dengan pintu. Jadi ketika ada yang membukanya, Anda akan segera bangun dan berpura-puralah sedang menunggu rapat.



3. Tidur siang di kamar mandi

Di setiap gedung kantor biasanya ada toilet yang tidak sering dikunjungi. Sebelum pergi ke kamar mandi untuk tidur, bawalah beberapa folder sehingga terlihat seperti akan pergi ke suatu tempat penting.

4. Tidur siang di balik layar monitor besar

Bekerja dengan layar monitor berukuran besar memberikan keuntungan karena dapat menjadi termpat bersembunyi saat butuh tidur sejenak di meja kerja.

5. Tidur siang di bawah meja

Berbaringlah di bawah meja. Berpura-puralah bahwa Anda memiliki masalah komputer dan sedang memperbaikinya. Tapi, tentu saja hal ini hanya dapat dilakukan jika meja Anda tidak menghadap lorong.



Simak Video "Eits! Percuma Diet Kalau Kurang Tidur"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)