Jumat, 04 Okt 2019 09:55 WIB

Tidur Siang Ada Banyak Tipenya Lho, Kamu Biasa Tidur Siang yang Mana?

Michelle Natasya - detikHealth
Temukan gaya tidur siang yang cocok buat kamu. (Foto: Thinkstock) Temukan gaya tidur siang yang cocok buat kamu. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Seorang anggota DPR terciduk kamera sedang tidur saat rapat paripurna. Achmad Fadil Muzakki Syah atau Lora Fadil mengaku tertidur saat rapat karena kelelahan. Tidur siang memang bisa jadi cara jitu untuk mengembalikan energi.

Terkait hal tersebut sebagian dari kita mungkin sering mendambakan tidur siang, apalagi di tengah kesibukan yang melelahkan. Namun harus dilakukan dengan benar untuk bisa mendapatkan manfaat tidur siang.

Dilansir dari The Sleep Doctor, berikut beberapa tipe tidur siang yang bisa kamu pilih sesuai manfaatnya yang berbeda-beda:


1. CEO nap

Jika kamu mencari dorongan untuk meningkatkan energi, fokus, dan kinerja, maka tidur siang singkat selama 25 menit di siang hari (pukul 1 sampai 3 siang) adalah pilihan yang baik. Jangan lebih dari 25 menit atau kamu akan merasa tidak enak. Kamu juga harus tetap memperhatikan kualitas tidur saat malam hari.

2. The nap a latte

Ini mengkombinasikan kafein dalam jumlah sedang dengan waktu istirahat singkat, untuk memberi kamu manfaat dari keduanya sekaligus. Caranya minumlah secangkir kopi 6 hingga 8 ons dengan 90-100 MH kafein dengan cepat. Kemudian segera cari tempat yang tenang untuk berbaring dan beristirahatlah selama 20 menit.

Kamu akan bangun tepat ketika efek stimulan dari kafein mulai bekerja. Perlu diingat bahwa strategi tidur siang ini tidak untuk dilakukan setiap hari. Disarankan untuk menggunakan tidur siang ini tidak lebih dari dua kali seminggu.

3. The new mom nap

Ibu (dan ayah) biasanya merawat anak yang tidak tidur sepanjang malam. Strategi tidur ini adalah orang tua ikut tidur siang ketika anak tidur siang. Tahan godaan untuk menjadi produktif saat anak tidur. Sebagai orang tua kamu akan memerlukan lebih banyak energi, kesabaran, dan fokus. Oleh karena itu, jangan sampai kamu kurang tidur.

4. The sports nap

Tidur adalah senjata yang ampuh untuk meningkatkan performa olahraga selama dilakukan dengan benar. Tidur siang singkat selama 15-20 menit akan memberikan manfaat langsung bagi kinerja fisik dan mental untuk jangka waktu tertentu.

Tidur siang yang lebih lama juga dapat memberikan manfaat fisik dan mental yang signifikan, dan efeknya akan bertahan lebih lama. Jika kamu kurang tidur, kamu akan lamban dan pusing saat berolahraga.

5. The disco nap

Ini adalah strategi tidur siang klasik. Saat kamu berencana keluar larut malam, tidur sianglah terlebih dahulu selama 90 menit sebelum kamu keluar. Kamu dapat menggabungkan istirahat ini dengan Nap A Latte untuk dorongan energi yang lebih besar. Namun, perlu diingat bahwa menjadikan disco nap sebagai kebiasaan rutin tidak baik untuk siklus tidur dan kesehatan.

6. Siesta

Beberapa negara seperti Spanyol, Yunani, Meksiko, Kosta Rika, dan Filipina menganggap tidur siang adalah bagian dari kehidupan sehari-hari. Mereka akan mulai meredupkan lampu dan menutup pintu toko pada pukul 14.30 untuk memberi waktu semua orang beristirahat.

7. The shift work nap

Pekerja shift menghadapi sejumlah tantangan untuk tidur. Namun, pekerja shift lebih mungkin untuk memecah waktu tidurnya menjadi beberapa bagian dan bisa mendapat manfaat besar dari tidur siang yang diatur secara benar.

Hal yang dapat dilakukan yaitu pertama, tidur siang singkat sebelum shift dimulai atau tidur siang pada istirahat pendek selama shift. Kedua, membuat jadwal tidur di dua segmen atau lebih. Termasuk segmen yang lebih panjang selama 4 sampai 5 jam di akhir shift dan dikombinasikan dengan satu atau dua tidur siang 90 menit sepanjang hari menjelang shift berikutnya.

8. The teen nap

Remaja biasanya secara biologis didorong untuk tidur larut dan bangun terlambat. Kurangnya tidur membuat remaja berisiko lebih besar untuk masalah akademik, perilaku dan emosional, serta masalah kesehatan di kemudian hari.

Untuk remaja, tidur siang singkat 20 menit setelah sekolah atau tidur lebih lama hingga 90 menit pada akhir pekan dapat membantu mengatasi kurang tidur. Tapi, pastikan hal ini tidak malah membuat remaja insomnia saat malam hari.



Simak Video "Eits! Percuma Diet Kalau Kurang Tidur"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)