Jumat, 04 Okt 2019 10:44 WIB

Suka Tidur dengan Posisi Bantal Tinggi? Awas Bahaya Penyakit Jantung

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Suka bantal tinggi karena kesulitan bernapas bila terlalu datar? Waspada penyakit jantung. (Foto: iStock) Suka bantal tinggi karena kesulitan bernapas bila terlalu datar? Waspada penyakit jantung. (Foto: iStock)
Jakarta - Penyakit jantung merupakan penyakit yang kerap menjadi 'pembunuh' paling besar di Indonesia. Untuk mengantisipasinya, kenali gejala-gejala sakit jantung berikut ini.

Seseorang kerap membiarkan gejala awal sakit jantung dan baru panik ketika sudah cukup parah. Spesialis jantung RS Siloam Karawaci dr Vito A Damay, SpJP(K), menjelaskan gejala umum sakit jantung sebagai berikut.

1. Sakit Dada dan Sakit Napas

Jantung berkaitan dengan fungsinya sebagai pompa darah. Sakit dada dan sesak napas merupakan gejala utama yang muncul saat pasien sedang beraktivitas. Ketika beraktivitas, pasien yang sakit jantung akan memompa darah lebih berat ketimbang saat diam saja.

Tapi tak semua sakit dada dan sesak napas merupakan gejala sakit jantung.

"Berhubungan dengan aktivitas. Kalau melakukan aktivitas, sakit tambah berat, kalau diam istirahat malah mereda. Kalau sakit itu rasanya seperti diremas dadanya, seperti ditindih, sampai rahang ngerasa kaku. Tangan kirinya umumnya kebas," kata dr Vito pada Kamis (12/9) lalu.

2. Keringat Dingin dan Mata Gelap

Keringat dingin dan mata gelap dapat menjadi gejala penyakit jantung. Namun, keduanya hanya merupakan keluhan yang menyertai gejala utamanya yaitu sesak napas dan sakit dada.

"Kadang-kadang enggak ngerasa berdebar tapi mau pingsan," ujar dr Vito.

3. Tidur dengan Posisi Bantal Lebih Tinggi

Orang dengan penyakit jantung bisa ditandai dengan kebiasaan tidur menggunakan bantal yang diposisikan lebih tinggi dari biasanya. Sebab jika tidur terlentang, napasnya akan jadi lebih sesak.

"Kalau sudah begitu, hati-hati biasanya masalah jantung. Gejala awalnya kalau jalan dia cepet capek dan ngos-ngosan. Kita bisa jadikan orang lain seusia kita sebagai patokan dan liat kalau orang seusia sama capek atau enggak," pungkas dr Vito.

Simak Video "Suka Tidur dengan Bantal Tinggi? Waspada Gejala Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)