Jumat, 04 Okt 2019 17:26 WIB

Mark 'Westlife' Punya Bayi dengan Pasangan Pria, Sel Telurnya dari Mana?

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Mark menyambut bayi perempuannya (Foto: Dok. Instagram/markusmoment) Mark menyambut bayi perempuannya (Foto: Dok. Instagram/markusmoment)
Jakarta - Vokalis dari band Westlife Mark Feehily dan tunangannya Cailean O'Neill kini sedang berbahagia. Pasalnya, mereka baru saja menyambut kelahiran seorang bayi perempuan bernama Layla.

Pasangan ini sebelumnya mengumumkan sedang menunggu kelahiran Layla pada bulan Mei lalu lewat unggahan Mark di Instagram. Dikutip dari The Sun, bayi tersebut diduga lahir dari program sewa rahim atau ibu pengganti. Kalaupun benar, dari manakah mereka mendapatkan sel telur?

Program surogasi sejatinya dibagi menjadi dua--dikutip dari Human Rights Campaign--yakni traditional surrogacy dan gestational surrogacy. Pada traditional surrogacy, ibu pengganti mendapat inseminasi buatan dari ayah calon bayi atau seorang donor anonim. Hal ini membuat si bayi mempunyai hubungan secara genetik ke ibu pengganti (yang memberikan telur) sekaligus ke ayahnya (atau donor anonim).



[Gambas:Instagram]



Sedangkan, gestational surrogacy terjadi jika telur ibu dan sperma ayah si calon bayi (bisa juga oleh donor anonim) difertilisasi kemudian di'tanam' ke dalam rahim ibu pengganti. Secara genetik, sang bayi hanya punya hubungan ke ayah dan ibunya, namun tidak ada hubungan ke ibu penggantinya.

Surogasi menjadi pilihan populer bagi pasangan LGBT yang ingin memiliki keturunan, menurut Surrogate.com. Kehamilan pada ibu pengganti untuk pasangan LGBT biasanya terjadi dengan menggunakan sel telur dari donor, menggunakan metode gestational surrogacy, dan melalui pembuahan in vitro. Indonesia melarang program surogasi, sebagaimana yang tertuang dalam UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

Proses surogasi yang dilakukan memungkinkan pasangan LGBT untuk menentukan sperma atau sel telur siapa yang akan digunakan untuk membentuk embrio. Mereka juga memungkinkan untuk memilih siapa donor sperma atau sel telurnya, apakah berasal dari kerabat atau dari pendonor anonim.



Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)