Minggu, 06 Okt 2019 12:53 WIB

Saat Sakit, Kenapa Orang Masih Percaya Takhayul Dibanding Dokter?

Akfa Nasrulhak - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Sampai saat ini, masih saja ada orang yang percaya hal-hal yang berbau mistis atau takhayul. Bahkan ketika kita sakit, mereka yang percaya takhayul melakukan penyembuhan dengan sesuatu yang tidak masuk akal.

Dilansir dari BBC, Minggu (6/10/2019) mesikpun takhayul merupakan ilusi yang diciptakan sendiri, ternyata mempengaruhi mental seseorang menjadi lebih menenangkan dan menghilangkan rasa cemas.


Ini juga menjadi alasan takhayul bertahan begitu lama, bahkan diwariskannya dari generasi ke generasi. Orang yang percaya takhayul harus menciptakan sebuah ramalan yang menguntungkan dirinya sendiri untuk menambah kepercayaan dan memuaskan diri sendiri ketika menjalani aktivitas.

Hal ini juga ditegaskan oleh Psikolog dari Universitas Helsinki di Finlandia, Apani Riekki, yang mengatakan orang percaya takhayul lebih cenderung punya kepercayaan lebih besar dalam membuat keputusan. Kepercayaan takhayul ini memang menjadi semacam perisai untuk mencari jawaban, seperti saat terjadi hal tidak diinginkan, termasuk soal kesehatan.

Sebab kepercayaan yang amat besar, saat seseorang mengalami masalah kesehatan, lebih memilih untuk melakukan ritual tertentu daripada harus ke dokter. Terlebih, jika ritual tersebut telah berhasil memberikan manfaat kesehatan dan telah dilakukan oleh nenek moyang mereka.

Padahal, saat ini saat orang sakit, tak perlu langsung pergi ke dokter, hanya tinggal lewat smartphone karena adanya konsultasi kesehatan online seperti KlikDokter. Berkonsultasi kesehatan lewat KlikDokter tentu akan lebih terpercaya berdasarkan perkembangan ilmu kedokteran, daripada mempercayai yang namanya takhayul. Karena takhayul itu sendiri yang diciptakan oleh pelaku, bukan berdasarkan ilmu pengetahuan.


Daripada mempercayai ritual yang tak masuk akal, carilah info kesehatan di KlikDokter bersama dokter-dokter terpercaya secara gratis selama 24 jam. Selain konsultasi kesehatan, Anda juga dapat mencari informasi penyakit dan obat, serta fitur Live Chat dan Health Tools juga bisa Anda dapatkan.

Mitos-mitos kesehatan yang banyak beredar pun tak perlu lagi membuat cemas karena Anda dapat menemukan fakta medis yang sebenarnya lewat informasi yang disajikan. Seluruh informasi kesehatan yang ada di KlikDokter ditulis oleh sederetan dokter yang memiliki kompetensi di bidang kesehatan. Hal ini membuat informasi yang disajikan memiliki akurasi yang sangat terjaga.







Simak Video "Lelah Dengan Tekanan Sosial? Jangan Malu Curhat ke Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/mpr)