Senin, 07 Okt 2019 20:15 WIB

Teliti Cara Sel 'Bernapas', Ini Tiga Ilmuwan Peraih Nobel Kedokteran 2019

Firdaus Anwar - detikHealth
Pemenang Hadiah Nobel Kedokteran 2019. (Foto: The Nobel Prize/Nikklas Elmehed) Pemenang Hadiah Nobel Kedokteran 2019. (Foto: The Nobel Prize/Nikklas Elmehed)
Jakarta - William Kaelin Jr, Sir Peter Ratcliffe, dan Gregg Semenza diumumkan menjadi pemenang Hadiah Nobel Kedokteran 2019. Ketiga berhasil mengungkap bagaimana sel manusia beradaptasi terhadap perubahan tingkat oksigen di dalam tubuh.

Sebelumnya sudah lama diketahui bahwa sel-sel butuh oksigen untuk hidup dan bisa mati bila kekurangan. Namun demikian bagaimana sel bekerja dan bereaksi terhadap oksigen ini belum diketahui pasti.


Disebutkan bahwa ketiganya menemukan sistem molekul yang mengatur aktivitas genetik sebagai respons tingkat oksigen dalam tubuh. Menurut tim komite Hadiah Nobel riset ini akan sangat membantu dikembangkannya cara-cara baru melawan penyakit.

Salah satu anggota komite, Randall Johnson, mendeskripsikan temuan tiga ilmuwan tersebut sebagai ilmu dasar yang nantinya akan dipelajari oleh anak-anak di seluruh dunia.

"Ini adalah sesuatu yang akan dipelajari oleh siswa biologi dasar ketika mereka belajar pada usia 12 tahun, 13 tahun, atau lebih muda tentang bagaimana sel bekerja. Ini adalah aspek dasar dari cara kerja sel, dari sudut pandang itu sendiri, ini adalah hal yang sangat menarik," kata Randall seperti dikutip dari CNN, Senin (7/10/2019).



Simak Video "Obat HIV/AIDS Tersedia Gratis untuk Masyarakat"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)