Selasa, 08 Okt 2019 12:40 WIB

Pria Ini Punya 3 Testis, Tak Disangka Salah Satunya Tumor

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Disangka punya testis 3, ternyata ada tumor (Foto: iStock) Disangka punya testis 3, ternyata ada tumor (Foto: iStock)
Jakarta - Kaum pria normalnya mempunyai dua testis. Namun berbeda dengan pria di Taiwan ini yang malah kelebihan satu. Ada apa?

Dikutip dari Asia One, sepasang kekasih sedang bersiap 'melakukan' aktivitas ranjang saat si wanita menemukan pasangannya punya tiga testis. Setelah diperiksakan ke rumah sakit, dokter malah mengatakan 'testis ketiga' harus diangkat.

Kepada ET Today, Direktur Departemen Urologi di Asia University Hospital, Qiu Hongjie bercerita tentang kasus aneh tersebut. Pasiennya ini adalah pria karyawan swasta berusia 30 tahun.

Si pasien, yang tak mau disebut namanya, tidak merasakan gatal atau sakit akibat pertumbuhan tumor. Bahkan dia tidak mengetahui ada tumor di dekat testisnya.



Qiu menemukan benjolan berbentuk telur pada bagian kanan skrotum si pria, tepat di atas testis. Tumor ini mempunyai elastisitas jaringan yang sama seperti testis biasa. 'Testis' ketiga ini berjajar dalam formasi diagonal.

Tumor berukuran 5cm dan termasuk dalam pseudo-tumor atau kista. Menurut Qiu pertumbuhannya adalah hasil dari scrotal edema, yakni sebuah kondisi yang diakibatkan oleh trauma pada tubuh bagian bawah atau peradangan skrotum yang membuat lapisan fibroblas ada di bagian luar. Seiring berjalannya waktu, hal ini bisa terakumulasi menjadi pseudo-tumor.

Kasus pseudo-tumor termasuk yang jarang terjadi. Qiu menyarankan agar para pria sering-sering mengecek sendiri saat mandi. Tujuannya supaya pengobatan lebih awal bisa diberikan.



Simak Video "Kenali Metastasis dan Proteksi Dini Tumor Ganas"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)