Rabu, 09 Okt 2019 11:37 WIB

Mendengarkan Musik Punya Manfaat Seperti Berolahraga dan Meningkatkan Mood

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi mendengarkan musik. Foto: iStock Ilustrasi mendengarkan musik. Foto: iStock
Jakarta - Hari ini tak sempat berolahraga? Atau hari ini jadwal terlalu sibuk hingga tak sempat mampir ke gym? Mendengarkan musik ternyata punya manfaat yang hampir sama, lho.

Menurut beberapa peneliti, mendengarkan musik satu album, khususnya musik dengan genre rock, bisa melawan stres sama seperti berolahraga. Apalagi stres yang kerap menyerang para pekerja.

Salah satu penelitian dilakukan oleh The Entertainment Retailers Association (ERA), mereka menyurvei dengan menggunakan satu album dari band rock Inggris Linkin Park. Ditemukan bahwa dalam satu album tersebut, 83 persen mengungkapkan bisa merasa lebih rileks dan santai.


Tiga perempat di antaranya bisa meningkatkan mood, namun hasil ini nyaris sama dengan kegiatan membaca atau makan banyak. Kim Bayley, salah satu penyurvei dari ERa mengatakan banyak penggemar musik Inggris secara efektif melakukan meditasi diri menggunakan satu album favorit mereka.

"Membaca dan mendengarkan lagu satu album terlihat memiliki manfaat yang sama dan melihat kekhawatiran soal obesitas, kedua aktivitas tersebut setidaknya lebih baik daripada kita makan banyak untuk menenangkan diri," ungkapnya, dikutip dari Mirror.

Menurut Geoff Taylor dari British Phonographic Industry mengamini kata-kata Kim. Menurutnya, musik merupakan cara yang luar biasa untuk menenangkan diri, tapi manfaatnya bisa menjadi lebih dalam saat yang mendengarkan benar-benar meresapi lagu dan lirik yang mereka dengar dan menjadikan mereka rileks.

Tak cuma untuk menjadikan harimu lebih baik, Dr Julia Jones yang mempelajari efek musik pada kesehatan, satu album dengan temp sedang dengan alunan yang menenangkan bisa membantu tidur lebih nyenyak dan mencegah insomnia.



Simak Video "Barre, Olahraga dengan Perpaduan Balet dan Pilates "
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)