Kamis, 10 Okt 2019 12:52 WIB

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia

Tak Ingin 'Ngegas' seperti Arteria Dahlan? Ini Saran Dokter Jiwa

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Arteria Dahlan jadi berbincangan karena ngegas saat berdebat dengan Emil Salim (Foto: Ari Saputra) Arteria Dahlan jadi berbincangan karena 'ngegas' saat berdebat dengan Emil Salim (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Politikus PDIP Arteria Dahlan menjadi pembincangan publik karena 'ngegas' dalam debatnya dengan Emir Salim. Menurut psikiater, ngamuk atau rasa marah bisa diatasi dengan anger management.

"Jika merasa itu sering terjadi, penting sekali untuk melakukan anger management. Bukan semata-mata karena mengalami gangguan (kejiwaan), tapi untuk memperbaiki kapasitas kita yang tadinya sering marah supaya punya kendali dan fokus," ujar dr I Gusti Rai Putra Wiguna, SpKJ, psikiater dari UbudCare Clinic, pada Kamis (10/10/2019).

Marah menurutnya adalah ekspresi sekunder yang terjadi karena ada hal primer. Misalnya, marah karena jengkel, merasa tidak aman, frustrasi, dan lainnya.



Mengatasi amarah dapat dilakukan dengan bernapas yang dalam dengan diafragma dan dilakukan dengan sering sampai marah hilang, dihimpun dari WebMD. Selain itu, bisa juga dengan alihkan ke aktivitas fisik dan katakan kalimat positif.

Kontrol emosi, apalagi yang dilakukan di depan publik, turut menjadi pembelajaran bagi semua orang.

"Bercermin saja dari perilaku tersebut, jangan sampai kita marah di depan umum tanpa alasan yang jelas," ujar dr Rai.



Simak Video "Kenali Gejala Depresi yang Dialami Sulli dan Taeyeon SNSD"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)