Kamis, 10 Okt 2019 15:27 WIB

Ini yang Terjadi Ketika Tubuh Mengalami Luka Tusuk

Michelle Natasya - detikHealth
Wiranto ditandu usai mengalami serangan pria bersenjata tajam (Foto: Dok. Polsek Pandeglang) Wiranto ditandu usai mengalami serangan pria bersenjata tajam (Foto: Dok. Polsek Pandeglang)
Jakarta - Menko Polhukam Wiranto nyaris ditikam oleh seorang pria yang membawa senjata tajam di Pandeglang, Banten. Wiranto selamat meski dilaporkan mengalami luka dan kini sedang dalam perawatan.

Dalam kejadian ini, Kapolsek dan beberapa orang lain yang berada di dekat Wiranto ikut terluka.

Dikutip dari Life Noggin, berikut beberapa hal yang terjadi pada tubuh ketika mengalami luka tusuk:

1. Karena kehilangan darah yang tak terhindarkan. Sistem peredaran darah mungkin kesulitan untuk bekerja dengan baik. Hal ini mengakibatkan kurangnya oksigen ke organ-organ penting seperti jantung dan otak.

2. Ketika tubuh kehilangan seperlima atau lebih darah, maka akan terjadi kondisi yang dikenal sebagai syok hipovolemik atau hemoragik. Hal ini menyebabkan sejumlah gejala yang tidak menyenangkan. Darah akan berhenti beredar ke kulit, membuatnya pucat, dingin, dan lembab.

3. Jantung akan bekerja lebih cepat dalam upaya menarik darah dan oksigen. Hal ini akan membuat seseorang merasa haus dan sakit.



4. Ketika otak terus kekurangan oksigen, seseorang mungkin mulai merasa pusing atau bingung.

5. Syok hipovolemik dapat menyebabkan hipotermia, kerusakan organ, serangan jantung, kematian jaringan, dan kematian.

Yang perlu diperhatikan adalah efek yang ditimbulkan pada setiap orang bisa sangat bervariasi. Hal ini bergantung pada seberapa banyak darah yang hilang, seberapa cepat anda kehilangan darah, dan di bagian tubuh mana anda terluka.

Luka tusuk di arteri atau vena besar akan menyebabkan anda kehilangan darah dengan sangat cepat. Hanya dalam 3 sampai 4 menit, tubuh bisa kehilangan 40 persen volume darah. Jika kehilangan lebih dari itu, hal ini dianggap fatal.

Perawatan luka tusuk dimulai dengan mengaplikasi tekanan pada luka. Ini dilakukan untuk menghentikan atau mengurangi jumlah darah yang hilang. Saat tiba di rumah sakit, dokter yang akan menentukan seberapa parah cedera yang terjadi dan apakah membutuhkan operasi.



Simak Video "Ragam Jasa 'Permak' Mr P Selain Mak Erot"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)