Senin, 14 Okt 2019 12:47 WIB

Teh atau Kopi, Mana yang Lebih Sehat?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Antara kedua minuman ini, teh terbukti lebih baik daripada kopi. Foto: iStock Antara kedua minuman ini, teh terbukti lebih baik daripada kopi. Foto: iStock
Jakarta - Teh dan kopi adalah minuman yang paling populer dan banyak dikonsumsi orang di seluruh dunia. Kedua minuman ini memiliki manfaat untuk kesehatan yang berbeda-beda.

Kopi dengan kandungan kafein dan teh dengan antioksidannya membuat orang-orang yang menikmatinya sering membandingkan keduanya. Biasanya, orang-orang akan membandingkan dengan mana yang lebih sehat.

Dikutip dari Times of India, kopi maupun teh juga erat kaitannya dengan kesehatan tubuh. Berikut ini perbandingan yang dapat menentukan mana yang lebih baik antara kedua minuman tersebut.

1. Kafein

Satu cangkir kopi mengandung 95-200 mg kafein. Namun, teh terutama yang hitam ternyata juga mengandung kafein yang lebih sedikit dari kopi, yaitu 14-70 mg per satu cangkir kecil.

2. Antioksidan

Kopi dan teh mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh, dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengembangkan penyakit kronis tertentu. Kedua minuman tersebut mengandung polifenol, yaitu yang memberikan rasa unik dan mengandung khasiat serta dapat meningkatkan kesehatan.

Pada teh hitam, sarat akan theaflavin, thearubigins, dan catechin. Sementara kopi kaya akan flavonoid dan asam klorogenat (CGA).

3. Tingkat energi

Dibandingkan kopi, teh mengandung lebih sedikit kafein dan kaya akan L-theanine yang merupakan antioksidan yang juga merangsang otak. Sebuah studi menunjukkan, mengkonsumsi L-theanine bersamaan dengan kafein dapat membantu menjaga kewaspadaan, fokus, perhatian, dan ketajaman.

4. Berat badan

Sesuai dengan beberapa penelitian, asupan kafein dapat membantu dalam membakar lebih banyak kalori, hingga 3-13 persen. Kopi sendiri dikaitkan dengan sifat pembakar lemak dan menghambat produksi sel-sel lemak. Jika ingin mempercepat proses penurunan berat badan, kopi bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

5. Noda pada gigi

Kopi ataupun teh, keduanya dapat menodai gigi hingga menguning. Namun menurut para ahli, teh pigmen yang dimiliki teh lebih berpengaruh untuk mengubah warna gigi, dibandingan dengan kopi.

Menurut kepala ahli nutrisi klinis Rumah Sakit Apollo, dr Priyanka Rohtagi mengatakan, dari perbandingan tersebut, teh merupakan minuman yang lebih baik dibandingkan kopi. Hal ini karena kadar kafein yang dimiliki teh lebih sedikit dari kopi. Teh juga memiliki kadar antioksidan yang lebih banyak daripada kopi. Jika ingin lebih sehat, tidak disarankan mengkonsumsi teh lebih dari dua cangkir dalam sehari dan tidak boleh lebih dari 150 ml.


Simak Video "Suka Tidur dengan Bantal Tinggi? Waspada Gejala Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)