Senin, 14 Okt 2019 16:50 WIB

7 Penyebab Sakit Perut yang Bisa Ganggu Aktivitas

Niken Widya Yunita - detikHealth
7 Penyebab Sakit Perut yang Bisa Ganggu Aktivitas/Foto: iStock 7 Penyebab Sakit Perut yang Bisa Ganggu Aktivitas/Foto: iStock
Jakarta - Lagi beraktivitas tapi perut sakit dadakan membuat kita menjadi tidak nyaman. Apa penyebab sakit perut?

Sakit perut terkadang timbul, terkadang berhenti. Namun rasa nyeri pada perut membuat aktivitas kita terganggu.

Ada yang bilang kalau sakit perut karena kita ingin buang air besar. Ada benarnya juga, namun ada juga bila perut sedang nyeri atau sakit maag.

Berikut penyebab sakit perut dirangkum dari berbagai sumber:




1. Gastroesophageal Reflux Disease

Penyebab sakit perut berikutnya yakni Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau gangguan refluks asam lambung. GERD adalah suatu kondisi yang terjadi ketika makanan di perut kamu dipaksa kembali ke kerongkongan (saluran dari mulut ke perut).

Makanan di perut kamu bercampur dengan asam selama proses pencernaan. Ketika terjadi refluks asam kembali ke kerongkongan, akan menyebabkan sensasi panas di perut bagian atas atau heartburn (maag). Sebaiknya hindari makanan pedas, makanan porsi besar, dan makanan tinggi lemak.

2. Usus Buntu

Usus buntu merupakan salah satu penyebab sakit perut berikutnya. Usus buntu adalah sebuah jaringan kantong kecil yang memanjang dari usus besar. Segera obati usus buntu kamu karena dapat menyebabkan infeksi yang menyebar dalam tubuh.

3. Diare

Diare merupakan salah satu penyebab sakit perut. Anak-anak juga dapat terkena diare. Penyebabnya tempat makanan yang tidak bersih, makanan yang terkontaminasi, atau memasukkan benda seperti tangan ke mulut. Diare parah dapat terjadi dengan kondisi tinja berair dan encer.

Diare berarti buang air besar setidaknya tiga kali atau lebih dalam sehari. Diare bisa menyebabkan dehidrasi dan hilangnya elektrolit penting dalam tubuh. Karena itu, banyak minum untuk menghindari dehidrasi.

4. Sembelit

Sembelit adalah kondisi sulit buang air besar atau tidak buang air besar sama sekali selama lebih dari tiga hari atau lebih. Hal ini bisa membuat perut sakit. Untuk menghindari sembelit, perbanyak minum air dan banyak makanan serat seperti pepaya dan sayur-sayuran.

5. Kram Haid

Beberapa hari sebelum haid, kaum hawa umumnya kerap mengalami nyeri haid. Ada juga para wanita yang mengalami haid pada hari pertama dan kedua. Nyeri haid dapat membuat aktivitas kita menjadi tidak nyaman.



6. Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan salah satu penyebab sakit perut pada bagian kiri. Batu ginjal adalah batu kalsifikasi keras yang terbentuk di ginjal. Kondisi ini dapat menyebabkan sakit parah.

7. Infeksi Saluran Kencing

Penyebab sakit perut berikutnya yakni urinary tract infection atau infeksi saluran kencing. Infeksi saluran kencing yakni nyeri perut, demam dan nyeri saat kencing. Penyebabnya yakni infeksi bakteri.

Itulah penyebab sakit perut. Segera ke dokter agar sakit dapat diatasi dengan segera.




Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)