Senin, 14 Okt 2019 18:05 WIB

Sulli eks 'f(x)' Meninggal Bunuh Diri, Pengingat Jangan Remehkan Depresi

Firdaus Anwar - detikHealth
Sulli pernah mengaku menderita depresi. (Foto: Instagram @jelly_jilli) Sulli pernah mengaku menderita depresi. (Foto: Instagram @jelly_jilli)
Jakarta - Sulli eks 'f(x)' dikabarkan meninggal dunia karena bunuh diri. Diberitakan oleh Koreaboo, Sulli ditemukan tak bernyawa di apartemennya di daerah Seongnam sekitar pukul 15.30 waktu Korea selatan.

Sulli memulai debut sebagai salah satu anggota girlband Kpop f(x) pada tahun 2009 dan menangguhkan kariernya pada 2014 setelah mengalami serangan komentar-komentar pedas dari netizen. Beberapa kali Sulli tersandung kontroversi dan jatuh bangun dalam karirnya.

"Di beberapa titik, saya mulai merasa takut. Kemudian saya sadar, menjadi idol sepertinya tidak cocok untukku," kata Sulli tahun lalu saat mengaku dirinya berjuang melawan depresi.

Terkait hal tersebut, kematian Sulli bisa jadi pengingat bahaya depresi yang tidak boleh disepelekan. Ahli kesehatan jiwa dr Agung Frijanto, SpKJ, mengatakan depresi jadi salah satu penyebab tertinggi kasus bunuh diri.


Data global menunjukkan setiap tahunnya lebih dari 800 ribu orang meninggal karena bunuh diri atau setara dengan satu kematian setiap 40 detik.

"Penyebab seorang individu mencoba melakukan upaya bunuh diri yang terbanyak adalah simtom depresi. Oleh karena itu, masyarakat harus mampu melakukan upaya pencegahan kalau ada anggota keluarga mengalami gejala-gejala depresi," kata dr Agung seperti dikutip dari CNN.

Sementara itu dr Andri, SpKJ, FAPM, dari klinik Psikosomatik Omni Hospital Alam Sutera Tangerang berpesan agar orang yang sudah didiagnosa dengan kondisi depresi selalu berusaha menghubungi rumah sakit atau fasilitas kesehatan bila muncul dorongan bunuh diri. Usahakan juga minta tolong teman atau kerabat yang bisa menemani.

"Kita pesankan kalau ide (bunuh diri -red) itu datang sangat kuat maka Anda segera hubungi rumah sakit jiwa terdekat atau segera hubungi teman Anda coba cari tahu bagaimana cara untuk segera datang ke rumah sakit," pungkasnya.



Simak Video "Kenali Gejala Depresi yang Dialami Sulli dan Taeyeon SNSD"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)