Selasa, 15 Okt 2019 05:01 WIB

Terbangun dengan Rahang Sakit? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Rahang terasa sakit saat bangun tidur (Foto: thinkstock)
Jakarta - Kadang kita terbangun dengan rahang atau gigi yang terasa sakit dan nyeri, padahal tidak sedang sakit gigi. Bisa jadi karena di malam hari saat tidur tanpa sadar kita menggertakkan gigi atau menahan rahang.

Perilaku ini disebut bruxism, lebih sering ditemukan pada orang dewasa. Menurut dokter gigi Karyn Kahn, DDS, tidak ada yang bisa dilakukan untuk mencegah seseorang menggertakkan giginya saat tidur.

"Yang bisa kita lakukan hanyalah mencari dampak dari menggertakkan gigi dan menahan rahang serta membentu mengurangi gejalanya," katanya, dikutip dari Cleveland Clinic.



Riset menyebutkan bahwa bruxism awalnya dari sistem saraf pusat, dan juga mengonsumsi antidepresan bisa menyebabkan kita menggertakkan gigi, seperti rasa cemas dan stres. Memiliki kepribadian yang kompetitif, peminum alkohol, merokok, dan riwayat keluarga juga bisa menjadi faktor risiko.

Dalam jangka pendek, menggertakkan gigi dan menahan rahang bisa merusak otot temporomandibular (TMJ), otot engsel yang menghubungkan rahang bawah ke tengkorak. Terlalu banyak tekanan bisa menyebabkan kontraksi otot akibat bruxism dan menyebabkan rahang terkuci, sakit telinga, sakit kepala, nyeri wajah, dan tulang berkeletuk.

Jika hal ini berlanjut bisa menyebabkan nyeri wajah yang kronis (lebih dari enam bulan), fraktur gigi, sakit kepala tiap hari, migrain, dan masalah TMJ kronis. Berikut ada 5 hal yang bisa dilakukan untuk mencegahnya:

1. Hindari mengonsumsi kafein (soda, kopi, dan cokelat), terutama sebelum tidur
2. Hindari alkohol dan merokok
3. Jangan mengunyah bolpoin, pensil atau hal lain yang bukan makanan (misalnya kebiasaan sedang menulis)
4. Jangan mengunyah permen karet tiap hari, karena bisa menyebabkan nyeri yang sudah ada memburuk
5. Hindari tidur tengkurap atau menaruh tangan di area rahang



Simak Video "Bingung Diet Pasca Lebaran? Coba Cara Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)