Selasa, 15 Okt 2019 09:00 WIB

Sulli Eks f(x) dan Taeyeon SNSD Idap Depresi, Kenapa Idol Rentan Mengalaminya?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Taeyeon idap depresi. (Foto: SM Entertainment) Taeyeon idap depresi. (Foto: SM Entertainment)
Jakarta - Setelah kematian Sulli, banyak penggemar yang khawatir dengan kondisi Taeyeon SNSD. Pasalnya ia secara terang-terangan mengakui bahwa dirinya mengalami depresi.

"Tidak, saya menderita depresi. Saya berusaha keras agar membaik lewat perawatan antidepresan," tulis Taeyeon di akun Instagram Story miliknya.

Pengakuan Taeyeon menambah panjang deretan K-pop Idol yang mengidap depresi. Depresi adalah kondisi mental yang lebih berat dari stres. Ketika stres tidak tertangani dan terus menumpuk maka akan cenderung mengalami depresi.

Ahli menyebut selebriti rentan alami depresi dan gangguan kejiwaan. Psikolog Michel Reynaund dari Paul Brosse Hospital, Paris, menyebut artis, musisi, ataupun seniman merupakan orang yang sensitif secara emosional. Hal ini menjadi baik untuk pengembangan karir dan karya mereka tetapi berdampak buruk pada kerentanan mengidap gangguan kecemasan.


"Mereka lebih mudah merasakan emosi, yang bisa saja menghasilkan berbagai masterpiece. Namun hal ini membuat mereka juga lebih rentan mengalami gangguan kecemasan, depresi dan perubahan mood tak menentu," tuturnya mengutip News Max.

Selain itu sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Phenomenological Psychology menuliskan selebriti bisa mengalami beban ketenaran yang membuat mereka sulit menjadi diri sendiri. Mereka harus mebagi kepribadian, satu untuk tampil di depan umum dan lainnya ketika bersama teman atau keluarga.

Beban ketenaran membuat selebriti seperti terisolasi. Sulit bertemu keluarga, tak mudah percaya dengan orang lain dan sering alami stres.

Kondisi depresi tidak bisa diremehkan dan harus ditangani secara profesional. Disarankan untuk berkonsultasi ke psikolog atau psikiater jika mengalami gejala depresi.



Simak Video "Kenali Gejala Depresi yang Dialami Sulli dan Taeyeon SNSD"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)