Selasa, 15 Okt 2019 11:30 WIB

Ukuran Bikin Tak Nyaman? Ibu Menyusui Bisa Pertimbangkan Ikut 'No Bra Day'

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Ilustrasi ibu menyusui (Foto: thinkstock) Ilustrasi ibu menyusui (Foto: thinkstock)
Jakarta - Saat hamil dan menyusui, wanita bisa mendapat perubahan hormon yang membuat tubuh jadi lebih sensitif, termasuk payudara. Seiring dengan bertambahnya ukuran payudara, rasa tak nyaman pun kerap muncul saat memakai bra. Bagaimana kalau memilih untuk 'no bra' saja?

Bra berkawat lumrah dipakai untuk menopang payudara besar secara optimal, namun tak demikian pada ibu menyusui. Dikutip dari Firstcry Parenting, bra dengan kawat dapat menyebabkan saluran susu tersumbat, mastitis, dan masalah menyusui lainnya.

Memilih untuk tak mengenakan bra mungkin akan sesuai bagi mereka dengan ukuran payudara yang cenderung kecil, tetapi bagi yang punya payudara besar, akan lebih nyaman jika didukung dengan bra. Nursing bra yang berbahan katun atau sports bra dapat jadi pilihan yang nyaman untuk sehari-hari, ketimbang mengenakan bra berkawat, demikian dilaporkan Verywell Family.



Ketika tidur, ibu bebas memilih mengenakan bra atau memilih 'no bra'. Perhatikan kenyamanan lebih dulu.

Menggunakan bra baik pada ibu menyusui atau tidak, sejatinya mempunyai fungsi untuk mencegah payudara kendur sebab mampu menyokong struktur payudara di siang dan malam hari. Tetapi payudara kendur bisa muncul karena banyak faktor, antara lain angka kehamilan, gen, dan berat badan.



Simak Video "Payudara Prostetik untuk Pengidap Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)