Rabu, 16 Okt 2019 14:01 WIB

Mengalami Diabetes Saat Hamil, Ibu Lahirkan Bayi Berbobot Nyaris 6 Kg

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi ibu hamil yang bisa mengalami diabetes dan melahirkan bayi besar. Foto: iStock
Jakarta - Seorang ibu yang mengalami diabetes gestasional melahirkan bayi berbobot 5,88 kilogram (kg) atau nyaris 6 kg. Diabetes gestasional adalah kondisi ketidakseimbangan insulin yang terjadi pada ibu hamil.

Emma Millar, nama ibu tersebut, melahirkan Remi Frances Millar pada minggu lalu di Wollongong Hospital. Dia bersalin melalui proses persalinan caesar gawat darurat (emergency caesarean) pada Senin minggu lalu waktu setempat.

"Dia seperti pegulat sumo mini. Dua anak kami yang lain sangat menyukai Remi yang selalu sehat, bahagia, menyenangkan, dan terlihat menarik," kata Emma pada situs berita lokal Australia Illawarra Mercury dikutip dari Daily Mail.


Emma dan suaminya Daniel mengatakan saat ini Remi dalam kondisi baik-baik saja. Sebelumnya, dua anak Emma juga lahir dengan bobot lebih berat daripada bayi kebanyakan. Anak kedua Willow yang kini berusia 2 tahun lahir dengan berat 5,5 kg.

Sedangkan anak pertama Ace yang kini berumur 4 tahun lahir dengan bobot 3,8 kg, lebih besar daripada berat kebanyakan bayi yang lahir di Australia yaitu 3,3 kg. Remi awalnya diduga memiliki berat lahir 4 kg di usia kehamilan 35 minggu.

"Selalu ada keramaian tiap kali saya jalan bersama Remi. Para ibu, bidan, dan tenaga kesehatan lain selalu bertanya berapa beratnya. Karena memang Remi terlihat lebih besar daripada bayi kebanyakan," kata Daniel.


Remi dilahirkan pada usia kehamilan 38 minggu, melalui operasi caesar gawat darurat karena ketuban yang pecah lebih dulu. Dua anak Emma sebelumnya juga lahir melalui caesar, karena sang ibu tidak sanggup melahirkan bayi dengan bobot terlalu besar melalui persalinan normal.

Saat ini Remi telah berada di rumah bersama keluarganya. Sang ibu dalam kondisi sehat, meski tidak disebutkan apakah menjalani perawatan untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darahnya.



Simak Video "Cerita Neesa Karunia, Ibu Hamil yang Berjuang di Tengah Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)