Kamis, 17 Okt 2019 12:18 WIB

Vicky Nitinegoro dan Rentannya Penyalahgunaan Narkoba Cair pada Vape

Firdaus Anwar - detikHealth
Vicky Nitinegoro diamankan polisi diduga terkait penyalahgunaan narkoba cair. (Foto: Ismail/detikHOT) Vicky Nitinegoro diamankan polisi diduga terkait penyalahgunaan narkoba cair. (Foto: Ismail/detikHOT)
Jakarta - Artis Vicky Nitinegoro diamankan Subdit I Ditnarkoba Polda Metro Jaya atas dugaan penyalahgunaan narkoba pada Rabu (16/9). Kabid Humas Polda Mero Jaya Kombes Argo Yuwono menjelaskan pihaknya menyita cairan vape milik Vicky yang diduga mengandung narkoba.

Hingga saat ini polisi belum bisa memastikan narkoba jenis apa yang terkandung di dalam cairan vape tersebut. Tim Laboratorium Forensik (Labfor) masih melakukan pemeriksaan.

"Belum tahu... belum tahu, masih kita cek ke Labfor," kata Argo saat dihubungi detikcom, Kamis (17/10/2019).


Terkait hal tersebut beberapa ahli sebelumnya sudah pernah memperingatkan potensi penyalahgunaan narkoba cair pada vape. dr Hari Nugroho dari Institute of Mental Health Addiction And Neurosience (IMAN) menyebut penyalahgunaan narkoba cair semakin populer seiring meningkatnya penggunaan vape beberapa tahun belakangan ini.

Cairan vape jadi 'benda aman' untuk menyamarkan narkoba karena di Indonesia belum ada regulasi yang benar-benar mengatur isinya.

"Ini cara mengelabui, kelihtannya isinya liquidnya biasa tapi isinya drugs. Tidak ada orang yang akan menyadari isinya adalah drugs," kata dr Hari beberapa waktu lalu.



Simak Video "Benarkah Menggunakan Vape Bisa Jadi Depresi?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)