Jumat, 18 Okt 2019 08:00 WIB

Terlalu Sering Tengkurap Bisa Membahayakan Tubuh, Termasuk Pencernaan

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Tidur tengkurap terlalu sering bisa mengganggu kesehatan (Foto: iStock) Tidur tengkurap terlalu sering bisa mengganggu kesehatan (Foto: iStock)
Jakarta - Setelah menjalani hari yang panjang dan melelahkan, setiap orang pasti ingin berbaring untuk mengistirahatkan tubuhnya. Tidak sedikit yang langsung memposisikan badannya tengkurap di atas kasur.

Namun, terlalu sering melakukan posisi tidur seperti itu dapat membuat leher bahkan punggung seseorang tegang dan kaku. Selain itu, posisi tidur tengkurap juga dapat merusak postur tubuh, mengganggu kesehatan usus hingga pernapasan.

Dirangkum dari Times of India, ini tiga alasan harus menghindari tidur dengan posisi tengkurap.



1. Dapat membuat tubuh sakit

Berbaring dengan posisi tengkurap dapat merenggangkan tulang belakang, yang akan berdampak pada sakit punggung, leher, dan persendian. Tulang belakang berfungsi untuk melindungi sistem saraf yang mengontrol semua fungsi tubuh. Bila terjadi gangguan pada sistem saraf tersebut, dapat menyebabkan fungsi tubuh tidak normal dan akan merasakan sakitnya.

2. Mengganggu kesehatan usus

Pada posisi tengkurap akan menekan punggung bagian bawah yang mungkin akan meningkat pada linu panggul. Sebuah studi menunjukkan, bahwa masalah pada punggung bawah dapat menyebabkan sembelit dan masalah pencernaan.

3. Menyebabkan masalah pernapasan

Saat tengkurap, badan akan disanggah dengan perut. Otomatis tubuh akan berbaring di atas otot pernapasan inti dan diafragma. Terlalu sering melakukan posisi ini dapat mencegah seseorang bernapas secara normal dan penuh. Hal ini seringkali menyebabkan sesak napas.



Simak Video "Lebih Baik Tidur dengan Lampu Terang atau Temaram?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)