Jumat, 18 Okt 2019 14:35 WIB

Waspada Narkoba Cair, Bagaimana Cara Bedakan Liquid Vape Bebas Narkoba?

Firdaus Anwar - detikHealth
Sekilas mungkin sulit membedakan isi liquid vape biasa dengan yang dicampur narkoba. (Foto: iStock) Sekilas mungkin sulit membedakan isi liquid vape biasa dengan yang dicampur narkoba. (Foto: iStock)
Jakarta - Polisi sempat mengamankan artis Vicky Nitinegoro untuk diperiksa karena diduga menyalahgunakan narkoba. Pada akhirnya Vicky dibebaskan karena tidak terbukti. Sementara rekannya, AC, ditahan setelah polisi menemukan narkotik golongan 1 di cairan atau liquid vape.

"Yang terbukti inisial AC ini kita lakukan pemeriksaan kembali nanti setelah dilakukan positif narkotika jenis (golongan) satu nanti kita tahan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Terkait hal tersebut dr Hari Nugroho dari Institute of Mental Health Addiction And Neurosience (IMAN) mengatakan bahwa memang narkoba cair sering disamarkan menjadi liquid vape. Alasannya karena di Indonesia tidak ada aturan yang mengatur standar isi liquid vape sehingga tiap produsen bebas meraciknya.


Lalu adakah cara membedakan liquid vape yang mengandung perasa atau nikotin biasa dengan narkoba cair yang disamarkan jadi liquid vape?

"Sebenarnya kalau dilihat secara kasat mata gitu enggak ada bedanya dengan liquid nikotin biasa untuk vaping. Secara fisik akan susah dibedakan kecuali memang yang sudah tahu bahwa itu isinya lain," kata dr Hari saat dihubungi detikcom, Jumat (18/10/2019).

Menurut dr Hari seseorang mungkin bisa saja membedakan dengan melihat pita cukai pada kemasan liquid vape. Menurut peneliti yang fokus pada masalah narkoba ini, liquid vape berisi narkoba cair karena ilegal cenderung tidak memiliki pita cukai.

"Tapi bukan tidak mungkin juga cukai itu dipalsukan. Jadi tetap perlu berhati-hati orang yang vaping waspada kalau beli liquid," lanjutnya.



Simak Video "Benarkah Menggunakan Vape Bisa Jadi Depresi?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/wdw)