Sabtu, 19 Okt 2019 06:02 WIB

10 Macam-macam Virus yang Perlu Kamu Tahu

Rizky Wika Shintya Devi - detikHealth
Macam-macam virus. Foto: Getty Images Macam-macam virus. Foto: Getty Images
Jakarta - Beberapa penyakit yang diderita manusia umumnya disebabkan adanya serangan virus dalam tubuh. Ini macam-macam virusnya.

Virus memiliki ukuran mikroskopis yang berkisar antara 20-300 milimikron. Virus bersifat aseluler atau tidak mempunyai sel, sehingga virus hanya akan berkembangbiak di dalam sel hidup.


Virus mampu menyerang manusia, hewan hingga tumbuhan melalui udara, darah, bahkan makanan. Virus akan menyerang kekebalan atau imunitas ketika sistem imun lemah.

Berikut ini macam macam virus biologi yang telah dirangkum oleh detikHealth :

Macam Macam Virus pada Manusia

1. Virus HIV

Virus ini merupakan virus yang akan memperlemah kekebalan tubuh manusia. Hal tersebut akan menyebabkan tubuh rentan terhadap infeksi atau penyakit lainnya. HIV memiliki arti Human Immunodeficiency Virus.

Penyebab virus ini ialah adanya proses kontak fisik dengan penderita HIV melalui hubungan seksual yang tidak sehat, pemakaian jarum suntik bekas dengan penderita HIV, penggunaan alat pembuat tato dan body piercing. Tak hanya itu, virus juga bisa menular apabila adanya kontak melalui cairan tubuh (darah, air mani, dan lainnya) dari penderita HIV, seperti ibu penderita HIV yang menularkan kepada bayi kandungan.

Tapi, virus ini tidak akan menular melalui kontak langsung sehari-hari ya, misalnya bersentuhan, berjabat tangan, dan berpelukan. Jika virus ini terus berkembang maka virus ini bisa menimbulkan penyakit AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome).

2. Virus Ebola

Pertama kali, virus ini ditemukan di dekat sungai Ebola di Zaire (Kongo) sekitar tahun 1976. Ebola merupakan salah satu virus mematikan bagi manusia. Virus ini dapat menyebabkan demam, diare hingga pendarahan.

Penyebaran virus melalui kontak dengan benda yang telah terkontaminasi cairan tubuh penderita. Sayangnya, hingga kini virus ebola masih belum ditemukan pengobatannya sama halnya dengan virus HIV.

3. Virus Corona Paramyxovirus

Siapa yang pernah mendengar nama virus ini? Tentunya virus ini cukup asing di telinga kita. Namun, virus ini rupanya merupakan salah satu virus yang bisa mengancam nyawa manusia.

Virus Corona Paramyxovirus menyerang sistem pernafasan sehingga virus ini dapat menular jika manusia menghirup udara yang mengandung virus ini. Hal terburuknya, yaitu virus ini dapat menyebabkan penyakit Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Penyakit ini salah satu jenis penyakit pneumonia yang menginfeksi saluran pernapasan seseorang.
Virus berbahaya ini menular lebih cepat dibandingkan virus HIV dan virus Ebola.

4. Virus Herpes Simplex

Virus ini memiliki perbedaan dengan virus lain karena virus Herpes Simplex ini menyerang kulit manusia. Virus yang biasa dikenal dengan sebutan HSV ini dapat menimbulkan penyakit menular seksual baik pria maupun wanita hingga menyebabkan luka melepuh di area organ intim.

Penyebaran virus ini umumnya karena adanya hubungan seksual denga orang yang terkana infeksi virus ini dan ibu hamil yang menularkan kepada bayi kandungannya.

5. Virus Dengue

Salah satu macam macam virus berikutnya ialah virus dengue yang cukup familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Faktanya, virus dengue ini mampu menyebabkan penyakit demam berdarah dengue (DBD). Virus dengue ini rupanya ditularkan oleh gigitan nyamuk jenis Aedes aegypti.

Sayangnya, virus ini masih sering terjadi di Indonesia. Salah satu bentuk pencegahan terpenting supaya tidak terjangkit virus ini ialah dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar ya detikers.

Mengenal macam-macam virus.Mengenal macam-macam virus. Foto: thinkstock

6. Virus Poliomielitis

Virus ini merupakan salah satu jenis virus tertua di dunia loh karena sudah dikenal sejak akhir abad ke-18. Umumnya, virus ini akan menyerang anak-anak dengan usia sekitar 3 - 5 tahun.

Virus ini mampu menyebabkan lemahnya otot hingga kelumpuhan pada kaki. Gejal virus ini berupa demam, nyeri sendi, tulang hingga otot, kram otot dan lainnya.

Virus polio ini dapat menular melalui kontak antarmanusia seperti kotoran (feses) yang terkontaminasi virus. Dan, umumnya virus ini dapat menularkan anggota keluarga lainnya yang tinggal satu rumah.

Macam Macam Virus pada Hewan

7. Virus Rabies

Virus rabies atau virus Rhabdhovirus merupakan virus yang dapat menyerang sistem saraf pusat manusia dan otak. Akibatnya tubuh tidak akan mampu untuk bergerak dan menimbulkan hydrophobia.

Virus ini ditularkan kepada manusia melalui gigitan hewan berdarah panas yang telah terjangkit virus rabies ini seperti gigitan anjing, kera, kelelawar hingga rakun. Oleh karena itu, ada baiknya untuk selalu berhati hati dengan hewan liar dan melakukan vaksinasi untuk hewan peliharaan di rumah.

8. Virus (H5N1)

Virus Avian influenza tipe A (H5N1) ini salah satu virus yang sempat terkenal di Indonesia karena penyebaran wabahnya saat itu. Virus ini rupanya menyerang hewan unggas, seperti burung dan ayam. Hal berbahayanya ialah virus ini mampu menular kepada manusia.

Virus influenza tipe A ini dapat menyebabkan epidemik pada hewan (epizootik) dan berbagai spesies hewan dalam cakupan wilayah yang luas (panzootik) sehingga mampu menularkan cukup banyak hewan dalam satu wilayah. Gejala terjangkit virus ini beurpa ganggungan pernapasan, muntah diare dan gejala flu pada umumnya.


Macam Macam Virus pada Tumbuhan

9. Virus Tobacco Mozaic
Virus ini merupakan penyebab penyakit mosaik pada tumbuhan tembakau. Faktanya, virus ini merupakan cikal bakal penamaan kata 'virus' dan cabang ilmu mempelajari tentang virus (virologi).

Virus ini mampu mengkerdilkan tanaman karena adanya infeksi pada daun tumbuhan. Gejala virus ini terdiri dari warna hijau muda di daun tumbuhan menyerupai pola 'mosaik' atau belang-belang warna hijau terang dan hijau gelap pada daun.

Adanya mutasi yang terjadi pada virus ini, rupanya mampu menyerang tumbuhan lain selain tembakau loh. Misalnya, labu, buncis, mentimun, kentang dan sebagainya.

Macam-macam virus dari hewan dan tumbuhan.Macam-macam virus dari hewan dan tumbuhan. Foto: Getty Images

10. Virus Rice Tungro Bacilliform

Buat masyarakata Indonesia tumbuhan padi merupakan tumbuhan penting karena memasok persediaan beras (makanan pokok Indonesia). Nah, faktanya tumbuhan padi dapat terancam oleh virus Rice Tungro Bacilliform sehingga menimbulkan penyakit tungro pada tumbuhan padi.

Gejala virus ini berupa kerdilnya tumbuhan padi dan warna merah sampai oranye-kuning sehingga membuat pengurangan jumlah gabah hasil panen.





Simak Video "Ketika Anak Beranjak Remaja Minum ASI, Apa Efeknya?"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)