Sabtu, 19 Okt 2019 16:15 WIB

Ahli Genetik Soal Pribumi Indonesia: Tidak Ada dari Suku Tertentu

Rosmha Widiyani - detikHealth
Berdasarkan riset genetik tidak ada suku yang bisa dikatakan pribumi Indonesia. (Foto: iStock) Berdasarkan riset genetik tidak ada suku yang bisa dikatakan pribumi Indonesia. (Foto: iStock)
Jakarta - Menelusuri asal-usul orang Indonesia memang selalu menarik. Salah satunya tentang sosok pribumi atau yang kerap disebut penduduk asli Indonesia. Apakah orang Indonesia berasal dari suku tertentu?

"Pribumi dalam hal ini mengacu pada suku tertentu yang menjadi asal usul penduduk. Penduduk Indonesia tidak berasal dari suku tertentu. Leluhur kita berasal dari berbagai wilayah di dunia yang bermigrasi dan mewariskan DNA serta karakter lain pada keturunannya," kata periset genetik Prof Herawati Sudoyo, PhD, dari Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman pada detikcom.


Kondisi ini menjadikan Indonesia unik berbeda dengan wilayah lain di dunia. Misal Amerika dengan penduduk asli berasal dari suku Indian, atau Australia dengan suku Aborigin.

Leluhur Indonesia berasal dari Afrika, Asia daratan yang turun hingga Filipina, India, Arab, hingga Eropa. Para leluhur bermigrasi, tinggal di Indonesia, dan akhirnya memiliki keturunan.

Tak heran jika manusia Indonesia, hingga saat ini, memiliki rantai DNA yang kompleks. Hal inilah yang menjadi sumber keragaman manusia di Indonesia.



Simak Video "Idap Penyakit Langka, Wanita Ini Menua dengan Cepat"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)