Minggu, 20 Okt 2019 14:50 WIB

Latihan Napas dalam Yoga Bisa Bantu Pulihkan Depresi

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Latihan pernapasan bisa membantu mengatasi depresi (Foto: thinkstock) Latihan pernapasan bisa membantu mengatasi depresi (Foto: thinkstock)
Jakarta - Gangguan kesehatan mental bisa dirasakan siapa saja, termasuk stres yang berujung pada depresi. Rutin berolahraga dapat membantu mengatasinya dan menyehatkan raga.

Yoga adalah salah satu olahraga pilihan bagi mereka yang berjuang mengatasi depresi. Olahraga ini juga dapat dilakukan di mana saja, termasuk yoga kursi atau bangku. Namun, yoga bukan jadi solusi yang utama. Penanganan oleh ahli harus dilakukan lebih dulu.

Instruktur yoga Astrid Amalia mengatakan, yang paling penting saat melakukan yoga pada penderita depresi adalah pengaturan napas.

"Memang kalau sudah masuk depresi, susah di-handle dengan yoga saja. Yang paling gampang adalah bernapas dengan benar," kata Astrid pada Rabu (16/10) lalu.



Bernapas, menurut Astrid, sebaiknya dilakukan dengan teknik diafragma dan melalui hidung. Napas dengan hidung dinilai lebih sehat, sebab paru-paru jadi punya waktu lebih untuk mengekstraksi oksigen dalam jumlah yang lebih besar.

"Saat saya bilang (instruksi) buang napas, pikirkan buang napas. Saya mau ubah pola pikir dia, bahwa ada pikiran lain yang harusnya dipikirkan lebih dulu ketimbang stres-stres itu," jelas Astrid.

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Benarkah Menggunakan Vape Bisa Jadi Depresi?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)