Senin, 21 Okt 2019 12:10 WIB

Efek Kurang Vitamin, Lidah Pria Ini Mendadak Tak Bisa Kenali Rasa

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Kondisi langka membuat pria ini kehilangan kemampuan mengecap rasa (Foto: Thinkstock) Kondisi langka membuat pria ini kehilangan kemampuan mengecap rasa (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Lidah pria ini mendadak kehilangan kemampuan merasakan apapun yang masuk ke dalam mulutnya. Sebelumnya, ia merasakan gejala-gejala aneh pada mulutnya, seperti munculnya rasa sakit dan kemerahan pada lidahnya yang datang bersamaan dengan sensasi seperti terbakar di bibirnya.

Pria 64 tahun ini sangat tersiksa dengan kondisi tersebut. Akhirnya, ia memutuskan untuk memeriksakan keadaannya ke dokter, setelah mengalami gejala-gejala tersebut selama enam bulan. Saat dokter melihat kondisi lidahnya, ia sudah mengetahui ada yang tidak beres.

Dokter melihat, lidah pria tersebut telah kehilangan papila atau benjolan kecil yang terdapat pada lidah. Papila merupakan ujung dari saraf pengecap yang terhubung dengan saraf otak. Hal ini yang menyebabkan kita dapat merasakan berbagai macam rasa pada makanan, seperti manis, pahit, asam, asin, dan gurih.



Menurut dokter dari Universitas Nasional Singapura tersebut, gejala yang dialami pria ini sesuai dengan kondisi atropic glossitis atau radang lidah yang disebabkan rendahnya kadar vitamin B12. Kondisi ini menyebabkan lidah mengalami perubahan warna, tekstur, dan termasuk kehilangan banyak papila.

Dikutip dari fox News, selain atropic glossitis, pria ini juga didiagnosis mengalami autoimun dan anemia pernisiosa, yaitu kondisi seseorang yang memiliki kadar sel darah merah yang rendah akibat kekurangan vitamin B12. Pada beberapa kasus, penyakit ini juga disebabkan karena sistem kekebalan tubuh yang menyerang protein yang memang dibutuhkan dalam penyerapan vitamin B12 dalam tubuh. Kasus pria ini menjadi salah satunya.

Menurut National Institutes of Health, anemia perisiosa ini masih mudah untuk diobati. Orang yang mengidapnya dapat menerima tambahan vitamin B12 dengan cara disuntikkan atau mengkonsumsi pil dosis tinggi. Pria asal Singapura ini harus mendapatkan suntikan vitamin B12 secara teratur guna sebagai penyembuhan dan mencegah kekurangan vitamin itu lagi. Dalam waktu sebulan, lidahnya sudah dapat berfungsi secara normal kembali.



Simak Video "Begini Penjelasan Dokter Soal Kedutan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)