Rabu, 23 Okt 2019 11:43 WIB

Hiasan Kue Tertelan dan Terjebak di Tenggorokan Pria Ini Selama Seminggu

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi sakit tenggorokan karena ada benda asing tersangkut. Foto: Getty Images Ilustrasi sakit tenggorokan karena ada benda asing tersangkut. Foto: Getty Images
Jakarta - Seorang pria tidak menyadari bahwa telah menelan hiasan kue bertuliskan 'Happy Mother's Day'. Hal ini disadarinya seminggu setelah kejadian tersebut.

Diawali dengan sakit tenggorokan, demam, sulit menelan dan merasa ada sesuatu yang tersangkut di tenggorokannya. Pria berusia 60 tahun yang tak disebutkan namanya itu pun segera dibawa ke unit gawat darurat (UGD).

Dikutip dari Live Science, pria itu mengatakan pada dokter gejala yang dirasakannya dimulai sekitar seminggu sebelumnya, setelah ia mengonsumsi kue pada perayaan Hari Ibu. Dokter pun melakukan CT scan pada pria tersebut dan menunjukkan ada benda asing di tenggorokannya.

"Benda asing 5 cm," tulis para dokter yang menangani dalam The Journal of Emergency Medicine.



Kemudian dilakukan prosedur endoskopi bagian atas, prosedur di mana dokter menggunakan tabung tipis dan fleksibel dengan kamera untuk melihat kerongkongan. Dokter melihat sebuah benda asing berwarna merah muda yang tertutupi bagian-bagian kecil makanan menyebabkan robekan kecil pada kerongkongan pria tersebut.

Selama prosedur itu, dokter berusaha mengeluarkan benda asing tersebut. Yang mengejutkan, itu merupakan hiasan kue. Dokter mengatakan, hiasan itu membuat robekan kecil yang bisa menjadi serius bila tidak segera ditangani.

Akhirnya pria tersebut menjalani perawatan selama empat hari karena masih kesulitan menelan. Setelah kondisinya pulih, ia pun diizinkan pulang.



Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/fds)