Kamis, 24 Okt 2019 10:00 WIB

Remaja 16 Tahun Mendadak Buta Warna Gara-gara Main Ponsel Nonstop 10 Jam Sehari

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilutrasi gadis main ponsel terlalu lama. Foto: iStock Ilutrasi gadis main ponsel terlalu lama. Foto: iStock
Jakarta - Bermain ponsel terlalu lama selalu dikaitkan dengan masalah kesehatan yang timbul di kemudian hari. Tidak hanya pada mental, masalah fisik pun akan muncul jika terlalu sering bermain ponsel.

Seperti yang dialami oleh gadis berusia 16 tahun asal Kaohsiung, Taiwan, mengalami buta warna karena menghabiskan lebih dari 10 jam bermain ponsel saat liburan musim panas.

Dikutip dari Asia One, dr Hung Chi-ting, dokter yang menanganinya, mengatakan paparan terus menerus terhadap cahaya biru dari layar smartphone menyebabkan sel-sel matanya yang mengarah pada buta warna merah-hijau.

"Ini adalah kasus pertama buta warna yang disebabkan penggunaan ponsel berlebihan," katanya.



Beruntung, remaja yang memiliki marga Liu ini melakukan perawatan medis untuk memperbaiki kondisi matanya di tahap awal sehingga saat ini ia sudah berangsur membaik. Liu mengatakan ia mencari bantuan medis pada September ketika ia hampir menyebabkan kecelakaan ketika menyeberang karena tidak bisa membedakan warna lampu lalu lintas.

"Saya tidak tahu lampu itu merah. Seorang kerabat, yang menarik saya kembali ketika saya bermaksud untuk menyeberang jalan, bertanya kepada saya mengapa saya dengan ceroboh menyeberang jalan dengan lampu merah yang masih menyala," ujar Liu.

Setelah perawatannya berhasil, dr Hung memperingatkan Liu dan juga pengguna internet lainnya agar membatasi penggunaan ponsel kurang dari lima jam sehari. Dia juga menyarankan untuk beristirahat setiap 10-30 menit saat berada di depan layar agar tidak kehilangan kemampuan membedakan warna.



Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)