Kamis, 24 Okt 2019 12:58 WIB

Waduh! Bekerja Lebih dari 52 Jam Seminggu Bisa Picu Kebotakan

Widiya Wiyanti - detikHealth
Bekerja terlalu lama bisa memicu kebotakan. Foto: thinkstock Bekerja terlalu lama bisa memicu kebotakan. Foto: thinkstock
Jakarta - Biasanya jam normal orang bekerja adalah dari jam 09.00 hingga jam 17.00, atau tepatnya 40 jam per minggu. Namun ada saja orang yang lembur hampir setiap hari atau tetap bekerja saat weekend.

Bekerja dalam waktu yang lebih lama dari biasanya mungkin baik untuk rekening tabunganmu, tetapi ternyata tidak baik bagi kesehatan rambutmu. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang bekerja lebih dari 52 jam per minggu memiliki risiko dua kali lebih mungkin mengalami kebotakan.

Penelitian yang dilakukan oleh Sungkyunkwan University School of Medicine di Korea Selatan itu melibatkan sekitar 13.000 pria berusia di antara 20-59 tahun, di mana jam kerjanya lebih dari 40 jam per minggu. Penelitian ini membutuhkan waktu sekitar empat tahun, namun tidak melibatkan wanita.

Para pria dikelompokkan berdasarkan waktu jam kerja. Faktor lain seperti status perkawinan, gaji, dan kebiasaan merokok termasuk ke dalam pertimbangan.



Hasilnya, ditemukan adanya kaitan yang cukup signifikan antara lamanya bekerja dan kebotakan. Jam kerja yang lebih lama cenderung memicu munculnya stres yang dapat menyebabkan perubahan hormon pada kulit kepala dan pertumbuhan folikel rambut.

"Hasil dari penelitian ini mendemonstrasikan bahwa lamanya jam kerja terasosiasi secara signifikan dengan peningkatan alopecia (kebotakan karena sistem imunitas tubuh) pada pekerja pria," kata peneliti utama Kyung-Hun Son dikutip dari Mirror.

Hasil ini juga berkaitan dengan penelitian sebelumnya yang menemukan bahwa stres akibat kerja berlebih dapat menyebabkan sistem imunitas tubuh menyerang folikel rambut atau disebut alopecia.

Para peneliti pun meminta pada para pengusaha untuk memperhatikan jam kerja para karyawannya. Pertimbangannya bukan karena soal kerontokan rambut, namun beberapa efek negatif lainnya.



Simak Video "Siasati Olahraga saat Pulang Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)