Sabtu, 26 Okt 2019 10:45 WIB

Berawal dari Bantu Saudara, Wanita Ini Jadi Perajin Payudara Silikon

Widiya Wiyanti - detikHealth
Desy Pujiarsi. Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth
Jakarta - Jika mendengar tangan atau kaki prostetik merupakan hal biasa dan sudah banyak beredar di Indonesia. Namun bagaimana jika payudara yang dibuat prostetik dan terlihat sangat mirip dengan aslinya?

Ternyata ada lho di Indonesia. Dibuat oleh tangan terampil Desy Pujiarsi, inovasi payudara prostetik buatannya terlihat 'real' atau nyata. Payudara prostetik itu terbuat dari 100 persen silikon yang diimpor dari Amerika Serikat.

Ibu tiga anak ini mengaku, ide membuat payudara prostetik yang tampak real ini dimulai dari beberapa saudara yang terdiagnosis kanker payudara hingga harus menjalani mastektomi, pengangkatan payudara.

"Mereka membutuhkan payudara prostetik itu. Setelah sering ngobrol sama saudara, katanya yang dipakai sekarang itu nggak enak, nggak nyaman. Penginnya sih pakai payudara prostetiknya yang mirip dan kalau bisa nggak berubah posisi," ujar Desy kepada detikcom saat ditemui di rumahnya yang sekaligus kliniknya di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Jumat (25/10/2019).



Payudara buatan yang kerap digunakan pasien kanker payudara dan ada di pasaran terlihat hanya seperti gumpalan silikon yang cara pakainya hanya diselipkan di dalam bra. Itu lah yang membuat penggunanya tidak merasa nyaman saat mengenakannya, terutama saat beraktivitas.

Desy pun mencari pengajar yang bisa membantunya merealisasikan membuat payudara prostetik yang mirip dengan aslinya. Akhirnya, ia bertemu dengan pembuat payudara prostetik dari Jepang. Hanya dalam waktu kurang lebih lima bulan belajar, Desy sudah mahir membuatnya dengan berbagai ukuran.

"Ukurannya standar lah, 30, 23, 36, 38, ukuran bra-nya," imbuhnya.

Cara menggunakan payudara prostetik ini hanya ditempelkan saja. Tak perlu khawatir berubah posisi atau jatuh, di bagian belakang lengket seperti lem agar saat mengenakannya jadi satu dengan tubuh dan pasien merasa seperti memiliki payudara asli.



Simak Video "Payudara Prostetik untuk Pengidap Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/fds)