Sabtu, 26 Okt 2019 12:14 WIB

Payudara Prostetik Diminati Pasien Kanker dan Wanita Berpayudara Kecil

Widiya Wiyanti - detikHealth
Pembuatan payudara prostetik. Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth
Jakarta - Inovasi baru dibuat oleh Desy Pujiarsi, seorang ibu rumah tangga yang mencoba membuat payudara prostetik untuk membantu pasien-pasien kanker payudara yang sudah kehilangan satu atau dua payudaranya.

Hingga kini, sudah ada sekitar 10 orang pasien kanker payudara yang memiliki payudara prostetik buatannya. Menurutnya, payudara prostetik ini berbeda dengan yang dijual di pasaran. Desy mengklaim bahwa payudara prostetik buatannya terlihat sanga mirip dengan yang asli dan bisa menempel dengan tubuh sehingga penggunanya bisa merasa lebih nyaman.

Desy pun bercerita, pengguna payudara prostetiknya berasal dari pasien kanker payudara dengan berbagai kondisi.

"Kalau usia ada yang belum nikah sekitar 20-an, ada yang sampai 60-an. Tingkat parahnya itu ada yang diambil depannya saja, ada yang sampai kelenjar getah bening. Stadiumnya udah lumayan sih. Ada juga beberapa yang diangkat dua-duanya, kebetulan itu waiting list akan dibuatkan," ungkap Dessy kepada detikcom saat ditemui di rumahnya yang sekaligus kliniknya di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Jumat (25/10/2019).



Ibu beranak tiga ini membuat payudara prostetik berdasarkan pesanan. Hingga kini, terhitung masih ada sekitar 20 orang yang ingin dibuatkan payudara prostetik. Desy menyebutkan, ternyata pelanggannya bukan hanya pasien kanker payudara saja.

"Jadi ada yang beli yang pesan itu sepasang kanan kiri untuk. Ya nggak tahu ya mungkin untuk lucu-lucuan, pria tapi pakai kostum wanita mungkin. Ini pesannya ukuran besar," katanya.

"Ada juga yang payudaranya masih ada tapi ukurannya kecil. Nah dia ingin untuk acara-acara tertentu dia bisa pakai ditambah dengan payudara prostetik ini supaya terlihat lebih besar dari ukurannya," lanjut Desy.

Untuk pembuatan payudara prostetik ini, Desy membuatnya sesuai dengan standar ukuran payudara wanita Indonesia pada umumnya. Namun ke depannya, Desy juga akan membuat payudara prostetik sesuai dengan keinginan pelanggannya atau disebut custom.



Simak Video "Payudara Prostetik untuk Pengidap Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/fds)