Sabtu, 26 Okt 2019 15:08 WIB

Payudara Prostetik Diselipkan Vs Ditempel, Mana yang Lebih Nyaman?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Pembuatan payudara prostetik. Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth Pembuatan payudara prostetik. Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth
Jakarta - Berbagai jenis prostetik memang harus diperhatikan penggunaannya, begitu juga payudara prostetik. Biasanya prostetik jenis ini digunakan oleh pasien kanker payudara yang telah kehilangan payudaranya.

Ternyata ada beberapa payudara prostetik yang berbeda teknik penggunaannya. Perajin payudara prostetik, Desy Pujiarsi mengatakan, ada payudara prostetik yang hanya diselipkan di dalam bra dan ada pula yang ditempelkan langsung pada kulit dada.

"Kalau yang di pasaran seperti ini pertama dia bentuknya tidak natural, terus nggak lengket jadi dia penggunaanya itu diselipkan pada bra. Keluhan dari penggunanya kalau mereka beraktivitas posisinya berubah, itu yang bikin nggak nyaman," jelasnya pada detikcom saat ditemui di rumahnya yang sekaligus kliniknya di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Jumat (25/10/2019).



Sementara payudara prostetik yang penggunaannya ditempel langsung pada kulit, seperti yang dibuat Desy, disebut lebih nyaman digunakan karena saat beraktivitas atau berolahraga sekalipun, posisi payudara prostetik tidak berubah-ubah.

Bahkan Desy menambahkan, payudara prostetik yang ditempel beratnya hampir sama dengan payudara asli sehingga mengurangi risiko pegal-pegal dibandingkan payudara prostetik yang diselipkan.

"Kalau dia pakai yang tidak attach (menempel -red) atau ringan, misal dia pakai payudara prostetik dari kain itu tidak ada beratnya, itu risikonya malah pegal-pegal karena nggak ballance," pungkasnya.

Payudara prostetik ini selain digunakan oleh pasien kanker payudara juga kerap digunakan oleh wanita yang memiliki ukuran payudara kecil dan ingin terlihat lebih besar pada momen-momen tertentu.



Simak Video "Payudara Prostetik untuk Pengidap Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)