Sabtu, 26 Okt 2019 17:02 WIB

Cara Merawat Payudara Prostetik Supaya Awet

Widiya Wiyanti - detikHealth
Devy dan payudara prostetik buatannya. Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth
Jakarta - Payudara prostetik terbuat dari silikon yang biasanya digunakan oleh pasien kanker payudara yang telah menjalani mastektomi, pengangkatan payudara. Bukan hanya itu, wanita dengan ukuran payudara kecil juga meminatinya.

Menurut Desy Pujiarsi, perajin payudara prostetik, perawatan payudara prostetik harus benar-benar diperhatikan karena biasanya hanya bertahan untuk 2-3 tahun. Semakin tidak dirawat dengan baik, maka payudara prostetik bisa bertahan lebih sebentar dari normalnya.

"Bagaimanapun ini kan silikon, silikon itu seperti karet lama-lama bisa rusak, dan nggak boleh kena alkoholol nanti bisa rusak," ujarnya kepada detikcom saat ditemui di rumahnya yang sekaligus kliniknya di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Jumat (25/10/2019).


Payudara prostetik ini juga harus dibersihkan setiap selesai pemakaian untuk menghindari adanya kuman yang menempel. Desy menyarankan untuk mencucinya dengan menggunakan sabun non-alkohol.

"Misalnya sabun cuci piring atau sabun bayi, dilap kering ditaruh lagi di kotak plastik atau ditempel di kertas roti biar nggak lengket biar nggak kotor," imbuhnya.

Penggunaan payudara prostetik yang dibuat Desy pun cukup mudah, hanya ditempel di bagian dada karena silikon yang digunakan sudah didesain lengket tanpa lem. Tapi Desy menegaskan, sebelum memakainya, bagian dada juga harus dibersihkan terlebih dahulu.



Simak Video "Payudara Prostetik untuk Pengidap Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/frp)