Sabtu, 26 Okt 2019 18:41 WIB

Pasien Kanker Boleh Pakai Payudara Prostetik 1 Bulan Pasca Operasi

Widiya Wiyanti - detikHealth
Desy, pengrajin payudara prostetik. Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth Desy, pengrajin payudara prostetik. Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth
Jakarta - Salah satu alternatif yang bisa dilakukan pasien kanker payudara setelah menjalani mastektomi atau pengangkatan payudara adalah dengan menggunakan payudara prostetik. Namun ada syaratnya lho.

Desy Pujiarsi, perajin payudara prostetik mengatakan bahwa pasien kanker payudara boleh menggunakannya minimal satu bulan pasca operasi, atau setidaknya hingga luka operasinya mengering.

"Karena ini (payudara prostetik -red) kan nempel, nah cara bukanya pasti agak ketarik dikit, takutnya kalau belum sembuh nanti sakit dan ada risiko infeksi jadi dia harus benar-benar sembuh dan kering lukanya, satu bulan minimal," jelasnya pada detikcom saat ditemui di rumahnya yang sekaligus kliniknya di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Jumat (25/10/2019).


Selain itu, Desy menyarankan payudara prostetik tidak terlalu sering digunakan agar menghindari terlalu sering terpapar keringat. Mengingat keringat mengandung kadar garam yang tidak terlalu baik untuk silikon, bahan pembuat payudara prostetik.

"Keringat ada garam, jadi kan basah juga... Terus nggak sadar pakai parfum yang ada alkoholnya, kena ini kan bisa rusak," imbuh Desy.

Payudara prostetik yang terbuat dari silikon itu tidak diperkenankan terpapar alkohol karena bisa merusaknya. Dibersihkannya pun harus menggunakan sabun yang non-alkohol.



Simak Video "Payudara Prostetik untuk Pengidap Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/fds)