Senin, 28 Okt 2019 09:55 WIB

Dokter Portugal Diskors Usai Ibu Lahirkan Bayi Tanpa Wajah

Firdaus Anwar - detikHealth
Sang dokter dinilai lalai menangani masalah kesehatan pasiennya. (Foto: iStock) Sang dokter dinilai lalai menangani masalah kesehatan pasiennya. (Foto: iStock)
Jakarta - Seorang dokter kandungan di Portugal diskors usai salah satu pasiennya melahirkan bayi dengan kecacatan tidak memiliki wajah. Konsil kedokteran setempat menilai dr Artur Carvalho telah lalai, gagal mendeteksi masalah kesehatan pasien.

Bayi laki-laki yang diberi nama Rodrigo tersebut lahir di Rumah Sakit Sao Bernardo pada 7 Oktober 2019. Ia lahir tanpa hidung, mata, dan sebagian tengkoraknya.


Ibu dari Rodrigo dilaporkan selalu datang ke dr Artur untuk menjalani pemeriksaan kehamilan rutin. Dari tiga kali menjalani ultrasound, dr Artur tidak memberi tahu apa-apa soal masalah kesehatan bayi di dalam kandungan.

Baru pada pemeriksaan keempat di tempat lain, petugas medis menyebut ada keanehan pada bayi. Namun dr Artur disebut kembali tidak memikirkannya.

"Petugas itu menjelaskan kalau wajahnya tidak kelihatan (saat ultrasound)... ketika si bayi sedang menempelkan mukanya ke perut ibu," ujar sang bibi seperti dikutip AFP dari laporan media setempat.

Setelah Rodrigo lahir dan cacatnya terkuak, orang tua langsung melaporkan dr Artur ke Kantor Kejaksaan portugis.

Menurut otoritas medis setelah kejadian dengan bayi Rodrigo menyusul laporan komplain lainnya ke dr Artur. Setidaknya ada enam laporan, salah satunya terjadi pada tahun 2011 ketika bayi seorang pasien lahir cacat wajah, kaki, dan otak.



Simak Video "Komitmen Ikatan Dokter Indonesia di HUT ke-69"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)