Senin, 28 Okt 2019 13:36 WIB

Bagaimana Cara Mendapat Vitamin D Saat Cuaca Mendung? Cek di Sini

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Cuaca mendung menghalangi sinar matahari yang dibutuhkan untuk pembentukan vitamin D (Foto: Rifkianto Nugroho) Cuaca mendung menghalangi sinar matahari yang dibutuhkan untuk pembentukan vitamin D (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Memasuki musim penghujan, sinar matahari kerap tertutup awan mendung sehingga tubuh tak maksimal mendapatkan sumber vitamin D. Tapi masih ada sumber-sumber lain yang bisa memenuhi asupan vitamin D Anda, lho.

Vitamin D dikenal dengan manfaatnya untuk perkembangan tulang, menangkis flu, serta mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker, dikutip dari Pharmaca.com. Orang berusia di bawah 50 tahun harus memenuhi setidaknya 600 International Units (IU) vitamin D setiap hari.



Tanpa paparan sinar matahari yang banyak saat cuaca sedang mendung, kebutuhan vitamin D bisa didapat dari beragam sumber berikut.

1. Ikan
Beragam jenis ikan seperti salmon, tuna, hingga belut, memiliki kandungan asam lemak yang di dalamnya terdapat vitamin D. Lauk ikan tentu baik dijadikan sebagai sumber vitamin D sehari-hari.

2. Olahan Susu
Susu memang lumrah diketahui sebagai gudangnya vitamin D. Demikian pula pada produk olahannya seperti yogurt. Terdapat 100 IU vitamin D dalam segelas susu, dan yogurt memiliki 80 IU.



3. Kuning Telur
Putih telur memang mempunyai kolesterol dan kalori yang lebih rendah dibandingkan kuning telur. Tapi tunggu dulu, kuning telur unggul untuk kandungan vitamin D-nya lho. Kuning telur memiliki sekitar 40 IU vitamin D dan merupakan sumber vitamin A, vitamin B, zat besi, dan kalsium yang baik.

4. Tetap Cari Sinar Matahari
Meskipun cahaya matahari tidak seintens ketika musim kemarau, cobalah usahakan pergi keluar untuk mendapatkan vitamin D-nya. Cuaca yang mendung masih bisa membuat sinar matahari yang sedikit, masuk ke kulit Anda.



Simak Video "Jajal Langsung, Menjadi 19 cm di Klinik Mak Erot yang Legendaris "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)