Minggu, 03 Nov 2019 09:17 WIB

Bunuh Diri Bisa Dicegah! Kenali Tanda-tanda dan Cara Menghadapinya

Michelle Natasya - detikHealth
Ada tanda-tanda yang bisa dikenali sebelum orang terpikir untuk bunuh diri (Foto: iStock) Ada tanda-tanda yang bisa dikenali sebelum orang terpikir untuk bunuh diri (Foto: iStock)
Jakarta - Bunuh diri merupakan tindakan impulsif yang bisa muncul kapan saja dan dalam kondisi apapun. Seringkali orang sulit untuk mengidentifikasi dengan jelas bahwa yang bersangkutan berpikir untuk mengakhiri hidup. Namun, jika kita cukup sensitif dan jeli, terdapat beberapa hal yang seringkali diperlihatkan, loh.

dr Yaniar Mulyantini, SpKJ, dari Poli Psikiatri Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu mengatakan bahwa bunuh diri merupakan tindakan yang melalui proses panjang. Cuma orang sekitar belum tentu sensitif menerima sinyal-sinyalnya. Seperti contoh, biasanya yang bersangkutan mulai terpikir ke arah kematian.

"Kayaknya saya ga usah ada aja deh di dunia ini," kata dokter Yaniar memberikan contoh pemikiran yang terlintas sebelum seseorang ingin bunuh diri.

"Mungkin bagi yang tidak mengalami, merasa ini pikiran biasa aja. Namun, bagi yang bersangkutan kita gak tahu seberapa dalam sebetulnya yang mereka alami," tambahnya.



Oleh karena itu, menurut dokter Yaniar penting untuk masyarakat sekitar lebih sensitif soal isu-isu ini. Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan ketika seseorang memperlihatkan tanda-tanda bunuh diri:

1. Langsung dekati dan ajak bicara. Cukup jadi pendengar yang baik.

2. Kalau merasa bukan kapasitasnya untuk bantu segera cari pertolongan tenaga profesional.

3. Pastikan yang bersangkutan berada pada situasi yang aman dan nyaman. Jauhkan barang-barng yang kecenderungannya berbahaya mengancam keselamatannya.

4. Dekatkan yang bersangkutan ke keluarga atau support system.



Selengkapnya, simak obrolan dengan dr Yaniar Mulyantini, SpKJ dalam video Bincang Sehat berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]






Simak Video "Hati-hati! Nyinyir di Medsos Tanda Kamu Kurang Empati"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)