Senin, 04 Nov 2019 18:34 WIB

Ragam Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes

Nurcholis Ma'arif - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Bagi penderita diabetes, penting untuk menjaga pola makan harian karena dapat mempengaruhi kontrol gula darah. Apa yang dimakan, jumlah yang dimakan, dan waktu makan penting diperhatikan guna menjaga kadar gula darah sesuai anjuran.

Bingung menentukan makanan apa saja yang dapat bermanfaat? Simak tips-tips di bawah ini.

Bijian Utuh

Bijian utuh dapat menjadi pilihan sumber karbohidrat yang lebih sehat bagi penderita diabetes. Bijian utuh kaya akan vitamin dan mineral seperti magnesium, vitamin B, chromium, zat besi, dan folate. Menurut American Diabetes Association bijian utuh merupakan sumber serat yang baik.


Diabetes UK menyatakan bahwa bijian utuh adalah pilihan yang lebih baik untuk penderita diabetes karena menyebabkan kenaikan kadar gula darah yang lebih rendah dibandingkan bijian terafinasi. Pastikan setidaknya separuh dari bijian yang dikonsumsi setiap hari adalah bijian utuh seperti beras merah, oat, barley, atau gandum utuh.

Sayur dan Buah

Sayur dan buah adalah sumber vitamin, mineral, serat, dan senyawa-senyawa fitokimia yang dapat bermanfaat untuk kesehatan, termasuk untuk penderita diabetes. Salah satunya seperti ditunjukkan oleh sebuah penelitian pada jurnal Diabetes Care yang menyimpulkan bahwa konsumsi buah dan sayur berkaitan dengan penurunan risiko stroke pada penderita diabetes.

Selain kaya nutrisi, sayuran juga relatif rendah kandungan kalori dan karbohidratnya sehingga dapat dikonsumsi tanpa rasa khawatir. Beberapa jenis sayur yang dapat menjadi pilihan penderita diabetes antara lain brokoli, asparagus, terong, bayam, kembang kol, timun, tauge, dan sayuran hijau lainnya.

Jangan lupa, pilih cara masak dan penyajian sayur yang tepat. Hindari sayur kalengan yang umumnya tinggi garam dan gula, kurangi penambahan garam saat memasak sayur, serta gunakan minyak yang lebih sehat (seperti olive oil, canola oil, atau corn oil) saat menumis sayur.

Buah dapat menjadi pilihan camilan sehat yang menyegarkan. Bagi penderita diabetes, disarankan untuk memilih buah segar serta membatasi buah kering, buah kaleng, atau jus buah yang telah ditambahkan gula. Beberapa jenis buah yang dapat menjadi pilihan antara lain buah apel, jeruk, pisang, anggur, dan beri-berian.

Lalu, berapa banyak sayur dan buah harian yang perlu dikonsumsi penderita diabetes? Berdasarkan Tumpeng Gizi Seimbang, disarankan untuk mengonsumsi 3-4 porsi sayuran setiap harinya dan 2-3 porsi buah. Satu porsi sayur berarti 1 gelas sayur rebus yang ditiriskan sedangkan satu porsi untuk buah adalah 1 buah ukuran sedang.

Selalu Baca Label Nutrisi

Mulailah untuk membaca label nutrisi pada makanan dan minuman jadi sebelum mengonsumsinya. Label nutrisi dapat memberikan informasi mengenai kandungan kalori dan zat gizi pada produk tersebut. Beberapa zat gizi yang penting diperhatikan antara lain kandungan lemak dan garam yang harus dibatasi untuk menjaga kesehatan jantung.

Tak kalah penting, kandungan gula pada label gizi juga harus diperhatikan. Untuk membantu Anda dalam membatasi asupan gula harian, Anda dapat memilih produk yang rendah atau bebas gula. Salah satunya, produk bebas gula Tropicana Slim yang ramah diabetes.


Tropicana Slim Sweetener Honey dapat menjadi pilihan pemanis yang lebih sehat dengan rasa yang enak namun tidak mengandung gula atau sukrosa. Tropicana Slim Sweetener menggunakan pemanis rendah kalori yang telah dinyatakan aman oleh berbagai lembaga kesehatan dunia dan tidak menyebabkan kenaikan kadar gula darah yang signifikan sehingga cocok untuk Anda yang ingin menikmati rasa manis tanpa khawatir.

Simak Video "Yuk Jaga Alam Lewat Pola Konsumsi Pangan Kita!"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/prf)