Selasa, 05 Nov 2019 05:00 WIB

Hamil 5 Bulan, Ini Perkembangan yang Dialami Janin dan Ibu

Virgina Maulita Putri - detikHealth
Hamil 5 Bulan, Ini Perkembangan yang Dialami Janin dan Ibu Foto: iStock Hamil 5 Bulan, Ini Perkembangan yang Dialami Janin dan Ibu Foto: iStock
Jakarta - Memasuki usia kehamilan 5 bulan artinya ibu hamil telah memasuki trimester dua dan telah setengah jalan melewati masa kehamilan. Di titik ini, bentuk perut ibu hamil mulai terlihat membesar karena janin yang turut bertumbuh pesat.

Perut yang membesar artinya ibu hamil bisa mengganti pakaiannya dengan maternity wear yang lucu. Selain itu, mual yang biasa dirasakan di pagi hari juga sudah menghilang, digantikan dengan rasa ngidam.



Lalu tanda-tanda apa lagi yang biasa muncul saat hamil 5 bulan? Berikut perkembangan yang biasa dialami janin dan ibu saat usia kehamilan 5 bulan seperti dirangkum detikHealth:

1. Perkembangan Janin

Di usia kehamilan 5 bulan, janin akan memiliki bobot sekitar 200-400 gram dengan panjang sekitar 16 cm. Ukurannya bisa disamakan dengan satu buah pisang atau wortel.

Kulit janin juga mulai memproduksi vernix dan lanugo di tahap ini. Vernix adalah lapisan licin yang melindungi kulit selama janin berada di kantung amniotik.

Sementara lanugo adalah rambut halus yang menjaga vernix tetap berada di tempatnya. Sebagian besar lanugo akan menghilang sebelum waktu persalinan, tapi beberapa bayi dilahirkan dengan sedikit lanugo di beberapa bagian tubuhnya.

Janin juga sudah bisa merespon cahaya dan suara. Janin mulai bergerak dengan aktif dan ibu sudah bisa merasakan janin bergerak di perut.

Janin juga bisa bangun dan tidur pada interval yang reguler, dan bisa terbangun tiba-tiba jika mendengar suara yang keras. Otak dan organ internal bayi masih dalam tahap perkembangan dan akan terus berlanjut hingga masa persalinan.

2. Perubahan pada Ibu Hamil

Tidak hanya janin yang mengalami perubahan selama masa kehamilan, ibu hamil juga mengalami perubahan secara fisik dan dan mental. Perubahan fisik yang biasanya dialami ibu saat hamil 5 bulan antara lain munculnya varises dan stretch marks, payudara membesar, kuku yang cepat panjang dan rambut yang lebih tebal serta rasa lapar yang tidak berhenti.

Sementara itu perubahan mental antara lain pregnancy brain, mood swings dan stress. Ibu hamil juga akan merasakan gejala-gejala seperti sesak napas, sakit kepala, kelelahan, kram, konstipasi, sakit punggung serta bengkak di tangan, kaki dan wajah.



3. Makanan untuk Ibu Hamil

Untuk ibu hamil 5 bulan makanan tentu disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat demi kesehatan ibu dan bayi. Beberapa makanan yang direkomendasikan antara lain:

- Makanan yang mengandung kalsium seperti sayuran hijau, susu, sarden dan roti.

- Makanan yang mengandung zat besi seperti ikan, sayuran hijau, buah kering, kacang-kacangan dan daging sapi.

- Makanan yang mengandung asam folat seperti sayuran hijau, kacang merah, lentil, jeruk dan kacang-kacangan.

- Makanan yang kaya vitamin D seperti salmon dan susu.

- Makanan yang kaya vitamin A seperti wortel, sayuran hijau, hati dan susu.

Selain itu, ada juga makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil saat masa kehamilan mencapai 5 bulan yaitu makanan mentah, kafein, gorengan dan makanan pedas serta susu dan keju yang tidak dipasteurisasi.

4. Apa yang Harus Dilakukan Ibu Hamil?

Saat hamil 5 bulan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan ibu hamil untuk menjaga kesehatannya dan bayi, antara lain:

- USG untuk mengetahui jenis kelamin bayi. Dokter kandungan biasanya merekomendasikan ibu hamil untuk melakukan USG di usia ini di mana wujud bayi sudah terlihat cukup jelas.

- Banyak istirahat. Istirahat dan tidur malam yang cukup menjadi semakin penting di usia kehamilan ini. Ibu hamil seharusnya tidur selama 8-10 jam tiap malam.

- Merawat kulit. Perawatan kulit menjadi semakin penting mengingat stretch marks yang terus berkembang. Gunakan pelembab yang mengandung vitamin E di bagian perut, kaki, punggung, dada dan paha untuk mengurangi tampilan stretch marks.

Simak Video "Proyek 'Dum-Duum', Langkah Polewali Mandar Cegah Kematian Ibu Hamil"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/erd)