Selasa, 05 Nov 2019 14:27 WIB

Septic Tank Meledak Makan Korban di Cakung, Kenali Gas Eksplosif dalam Tinja

Michelle Natasya - detikHealth
Ledakan septic tank di Cakung Jakarta Timur memakan korban tewas (Foto: Bagus Kurniawan/detikcom) Ledakan septic tank di Cakung Jakarta Timur memakan korban tewas (Foto: Bagus Kurniawan/detikcom)
Jakarta - Geger septic tank rumah warga di Cakung, Jakarta Timur, meledak akibat gas yang mengendap selama puluhan tahun. Kejadian tersebut menelan satu korban jiwa.

Seperti diberitakan detikcom, ledakan terjadi saat korban menyedot WC di rumah warga, Senin (4/11/2019) kemarin. Akibat kejadian itu, korban pun terjatuh ke dalam septic tank dan dinyatakan meninggal dunia.

"(Penyebab ledakan akibat) gas yang terendap puluhan tahun dalam septic tank kena api," ujar Kanit Reskrim Polsek Cakung AKP Tomi Sirait dalam keterangan kepada wartawan, Selasa (5/11/2019).

Lalu, ada apa sih dengan kotoran manusia sampai gasnya bisa bikin meledak?



Menurut dr Rino Alvani Gani, SpPD, K-GEH, FINASIM dari RSCM, dalam kotoran manusia terkandung gas antara lain H2S. Ketika tertimbun di septic tank terjadi juga fermentasi sehingga dihasilkan gas CO2 dan methane.

"Gas-gas ini bisa memuai jika panas dan memenuhi tempat. Sehingga kalau tertutup maka bisa menyebabkan ledakan," jelasnya saat dihubungi detikcom, Selasa (5/11/2019).

Dokter Rino juga menambahkan, tidak melulu menunggu puluhan tahun. Semakin sempit dan tertutup septic tank, semakin cepat pula gas kotoran memuai dan dapat menyebabkan ledakan. Bahkan, ledakan ini bisa saja terjadi tanpa sulutan api.



Simak Video "Kupas Tuntas Mengapa Septic Tank Bisa Meledak"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)