Rabu, 06 Nov 2019 11:10 WIB

Waspada! Begini Lho Tanda-tanda Hipertensi

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi memeriksa tekanan darah. Foto: thinkstock Ilustrasi memeriksa tekanan darah. Foto: thinkstock
Jakarta - Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan masalah kesehatan yang masih banyak dialami oleh masyarakat Indonesia. Bahkan berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, 34 persen penduduk DKI Jakarta mengalami risiko hipertensi baik ringan maupun berat.

Memang cukup sulit mengetahui penyakit ini ada di tubuh seseorang atau tidak mengingat hipertensi merupakan salah satu 'silent killer'. Bahkan penyakit ini bisa tidak menunjukkan gejala sama sekali.

Namun dikutip dari American Heart Association, berikut ini beberapa hal yang mungkin muncul saat seseorang memiliki hipertensi.



1. Sakit kepala

Tekanan darah tinggi tidak menyebabkan sakit kepala atau mimisan, kecuali dalam kasus krisis hipertensi, di mana tekanan darah mencapai 180/120 mm Hg atau lebih tinggi. Jika tekanan darah seseorang luar biasa tinggi dan kamu mengalami sakit kepala atau mimisan, jangan tunggu lama untuk segera meminta pertolongan medis.

Namun, tidak selalu sakit kepala dan mimisan diakibatkan karena hipertensi, bisa juga ini merupakan indikasi dari penyakit jantung atau penyakit lainnya.

2. Wajah memerah

Ruam merah yang disertai rasa hangat di bagian wajah terjadi ketika pembuluh darah membesar. Ini dapat terjadi secara tidak terduga atau sebagai respons terhadap pemicu tertentu seperti paparan sinar matahari, cuaca dingin, makanan pedas, angin, atau produk perawatan kulit.

Ini juga dapat terjadi karena stres yang dapat meningkatkan tekanan darah sementara. Perlu diingat, kemerahan pada wajah dapat terjadi ketika tekanan darah lebih tinggi dari biasanya, namun tekanan darah tinggi bukanlah penyebab utamanya.



3. Bintik merah di mata

Bintik-bintik darah di mata atau disebut subconjunctival hemorrhage lebih sering terjadi pada orang-orang dengan diabetes atau hipertensi, tetapi kondisi itu bukanlah penyebab utama yang menyebabkan bercak tersebut.

Dokter mata mungkin dapat mendeteksi kerusakan pada saraf optik yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi yang tidak diobati. Hal ini juga dapat menyebabkan penglihatan memburuk. Jadi, ketika kamu menemukan bintik merah pada mata, jangan segan untuk memeriksakan diri.

4. Ciri lain

Dikutip dari Women's Health, pakar kardiologi dari Nanohealth Associates, Adam Splaver, MD mengatakan beberapa gejala ini kerap diabaikan:
- Brain fog, merupakan kondisi di mana seseorang merasa bingung, lupa dan tidak fokus. Jika hal ini dibarengi dengan sakit kepala terus menerus, bisa jadi merupakan tanda darah tinggi.
- Susah pipis, darah tinggi dapat menyebabkan masalah pada saluran kemih karena gangguan ginjal. Susah kencing dibarengi dengan perasaan kembung merupakan salah satu tanda darah tinggi.
- Sulit menjaga keseimbangan, pusing dan sulit menjaga keseimbangan merupakan tanda ada masalah di pembuluh darah kepala. Jika Anda mengalami pusing saat menonton film 3D, berdiri terlalu cepat atau berdiri terlalu lama, ada kemungkinan darah tinggi.



Simak Video "Ada yang Tahu Penyebab Darah Tinggi Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)