Jumat, 08 Nov 2019 11:30 WIB

Benarkah Puting Payudara Kecil Mengeluarkan ASI Sedikit? Ini Kata Ahli

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi menyusui. Foto: iStock Ilustrasi menyusui. Foto: iStock
Jakarta - Air Susu Ibu (ASI) menjadi hal penting bagi ibu dan juga bayi. Menjadi suatu kekhawatiran ibu pejuang ASI jika ASI yang dihasilkan sedikit, tidak jarang membuat ibu menjadi tertekan dan stres.

Banyak pula yang beranggapan bahwa banyak tidaknya ASI juga dipengaruhi ukuran puting dan ukuran payudara. Menurut konselor laktasi, dr Ameetha Drupadi, CIMI, ukuran puting dan payudara tidak memengaruhi deras atau tidaknya ASI yang keluar.

"Jangan khawatir, ukuran puting juga nggak masalah. Karena menyusui bukan puting saja, tapi daerah areola. Areola kalau diisap semua ASI akan keluar," ujarnya pada acara Pembukaan Pameran Pembangunan Kesehatan dalam rangka Hari Kesehatan di BSD, Tangerang Selatan, Kamis (7/11/2019).



Areola adalah daerah gelap di sekitar puting payudara di mana di dalamnya ada kantung-kantung kecil tempat dibuatnya ASI yang disebut alveoli. dr Ameetha menambahkan, saat daerah areola diisap oleh bayi, maka kantung-kantung itu akan lebih banyak menghasilkan ASI.

"Menyusui itu tidak hanya di ujung puting, namun sebagian area hitam atau areola masuk ke mulut bayi... Dekatkan ke areola, ketika masuk lalu dipeluk. Jadi isapannya bisa maksimal sehingga bayi kalau menyusu harus ke seleruh kantung ASI," jelasnya.

dr Ameetha melanjutkan, ASI sangat penting diberikan pada bayi untuk tumbuh kembang yang optimal. Terutama pada 1.000 hari pertama kelahiran, 270 hari di dalam perut ibu dan 730 hari setelah lahir.



Simak Video "Bunda, ASI Eksklusif Bisa Lindungi Anak dari Kanker Darah"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)