Rabu, 13 Nov 2019 15:30 WIB

Ada Sumbatan Darah Sepanjang 20 Cm di Paru-paru Pria Ini

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi penyumbatan darah. Foto: thinkstock Ilustrasi penyumbatan darah. Foto: thinkstock
Jakarta - Seorang pria berusia 64 tahun datang ke rumah sakit mengeluh merasakan nyeri punggung dan demam. Ia juga mengalami kesulitan bernapas, tekanan darah rendah dan batuk berdarah, menurut penuturan dokter yang menanganinya dan dipublikasikan dalam jurnal BMJ Case Reports.

Ia kemudian dimasukkan ke ICU dan menjalani pengobatan untuk sepsis dan menggunakan ventilator atau alat bantu napas. Hasil CT scan menunjukkan adanya lesi di otak dan kemudian pulmonary edema, serta infeksi bakteri staph.


Pria ini mendadak batuk berdarah, dokter memutuskan melakukan bronkoskopi dan menemukan sumbatan darah di saluran pernapasan. Mereka berusaha menariknya menggunakan penyedot namun tak berhasil.

"Semalaman, bronkoskopi gagal dilakukan. Saya melihat adanya epiglottis, pasien lumpuh, dibius, dan menjalani penyedotan untuk mengambil ETT dan sumbatan darah," tulis dokter tersebut, dikutip dari Fox News.

Akhirnya pengambilan sumbatan darah tersebut berhasil dan terlihat sepanjang 20 cm dan berbentuk bronkial paru-paru. Pernapasannya kembali normal, namun sayang nyawanya tak tertolong karena komplikasi penyakit lain, termasuk kanker usus.



Simak Video "Belajar Pantang Menyerah dari Tiffany, Gadis dengan Autisme"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/fds)