Kamis, 14 Nov 2019 06:00 WIB

Pakai Kacamata Malah Bikin Minus Bertambah, Benarkah? Ini Saran Dokter

Michelle Natasya - detikHealth
Konon, pakai kacamata justru bukin minus bertambah. Benarkah? (Foto: iStock) Konon, pakai kacamata justru bukin minus bertambah. Benarkah? (Foto: iStock)
Jakarta - Beberapa orang meyakini bahwa menggunakan kacamata justru akan menambah minus mata. Benarkah demikian?

dr. Tri Rahayu, SpM(K), FIACLE, dokter mata subspesialis lensa kontak sekaligus Ketua Contact Lens Service JEC, mengatakan bahwa hal tersebut bergantung dari tepat atau tidaknya penggunaan kacamata. Jika kacamata digunakan secara tepat maka tidak akan menambah minus pada mata.

"Tapi kalau misalkan kacamata yang digunakan kelebihan minus, ya bisa saja memicu pertambahan minus," terangnya pada detikcom, Rabu (13/11/2019).



Oleh karena itu, dokter Tri menganjurkan untuk melakukan pengoreksian kacamata setiap 6 bulan sekali. "Idealnya 6 bulan sekali koreksi, sama seperti periksa gigi," ujarnya.

Beberapa waktu lalu, dokter Tri juga sempat menjelaskan bahwa apabila tubuh semakin tinggi, bola mata juga akan semakin panjang dan minus pada mata juga akan semakin meningkat. Selain itu, bertambahnya minus juga bisa disebabkan oleh terlalu lama melihat dengan jarak yang dekat.



Simak Video "Tips Atasi Mata Minus dan Silinder pada Anak Balita"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)