Sabtu, 16 Nov 2019 06:00 WIB

6 Nutrisi untuk Mempercepat Pemulihan usai Melahirkan Caesar

Rosmha Widiyani - detikHealth
Cucu ketiga Jokowi lahir melalui operasi caesar (Foto: Bayu Ardi Isnanto) Cucu ketiga Jokowi lahir melalui operasi caesar (Foto: Bayu Ardi Isnanto)
Jakarta - Bayi dari pasangan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda telah lahir. Seperti yang disampaikan Gibran sebelumnya, cucu ketiga Presiden Joko Widodo itu berjenis kelamin perempuan.

"Sore ini anak kami yang kedua sudah lahir. Semua sudah berjalan dengan lancar," kata Gibran, Jumat (15/11/2019) sore, seperti diberitakan detikcom.



Usai operasi caesar, seorang ibu perlu istirahat dan pola makan dengan nutrisi seimbang supaya segera pulih. Dikutip dari Mom Junction, ada 6 nutrisi yang jangan sampai ketinggalan dikonsumsi setiap hari usai operasi supaya cepat pulih.

1. Protein

Sebagai zat pembangun, protein membantu pertumbuhan sel baru dan menolong selama proses penyembuhan. Makanan kaya protein juga memperbaiki dan mempertahankan kekuatan otot ibu usai operasi caesar. Beberapa sumber pangan yang kaya protein adalah ikan, telur, ayam, turunan produk susu, daging merah, dan kacang-kacangan.

2. Vitamin C

Konsumsi vitamin C meningkatkan kekuatan sistem daya tahan tubuh ibu usai melalui operasi caesar. Beberapa sayur dan buah yang kaya kandungan vitamin C adalah jeruk, melon, pepaya, strawberry, anggur, jambu, ubi, tomat, dan brokoli. Selain vitamin C, ibu juga disarankan mengkonsumsi kolagen yang membantu penyembuhan luka.

3. Multivitamin

Selain vitamin C, dokter biasanya memberi tambahan multivitamin bagi ibu usai melahirkan dengan proses caesar. Multivitamin memungkinkan ibu mendapat asupan vitamin lain yang sesuai kebutuhannya.



4. Zat besi

Asupan zat besi berguna mempertahankan level hemoglobin dalam tubuh ibu. Contoh makanan yang kaya zat besi adalah kuning telur, daging merah, tiram, hati sapi, dan buah kering. Biasanya dokter akan memberi saran jumlah asupan zat besi per hari sesuai kondisi ibu usai operasi caesar.

5. Kalsium

Kalsium berguna untuk relaksasi otot, memperkuat tulang dan gigi, serta membantu pembekuan darah. Sumber makanan yang mengandung banyak kalsium adalah susu, yogurt, keju, tahu, kale, dan bayam.

6. Serat

Serat membantu ibu yang biasanya mengalami konstipasi atau sembelit karena luka dan irisan pisau bedah. Asupan yang kaya serat adalah aneka buah dan sayur yang dimakan utuh.



Simak Video "Melihat Proses Melahirkan dengan Operasi Caesar"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)