Sabtu, 16 Nov 2019 06:30 WIB

Malas Kencing di Malam Hari, Tingkatkan Risiko Kena Stroke di Pagi Hari?

Rosmha Widiyani - detikHealth
Buang air kecil vs stroke, apa kaitannya? (Foto: ilustrasi/thinkstock) Buang air kecil vs stroke, apa kaitannya? (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Sebuah pesan berantai menyatakan, tidak kencing di malam hari meningkatkan risiko terjadinya stroke saat pagi. Risiko dikatakan terkait pengentalan yang akhirnya mengganggu sirkulasi darah.

Menurut dokter ahli penyakit dalam konsultan kardiovaskuler dr Eka Ginanjar, SpPD-KKV, FINASIM, FACP, risiko stroke memang meningkat di pagi hari. Namun peningkatan tidak terkait dengan kebiasaan buang air kecil saat malam hari.

"Peningkatan risiko stroke di pagi hari disebabkan perubahan fase dari istirahat ke beraktivitas. Saat istirahat fungsi organ tubuh melambat, yang langsung menjadi lebih cepat saat bangun. Pada beberapa orang, perubahan ini tidak bisa diantisipasi hingga terjadi stroke," kata dr Eka saat dihubungi detikcom, Jumat (15/11/2019).



Perubahan fase berefek pada tekanan darah hingga terjadi serangan stroke. Menurut dr Eka, risiko ini lebih banyak terjadi pada orang usia tua dibanding yang lebih muda. Hal ini terkait kemampuan tubuh melakukan penyesuaian dengan cepat saat bangun tidur, sadar sepenuhnya, dan siap beraktivitas.

"Biasanya terjadi pada tekanan darah terlalu tinggi. Karena itu sangat disarankan tidak bangun dalam kondisi kaget atau langsung beraktivitas. Apalagi jika sudah tua," kata dr Eka.



Berikut potongan pesan berantai terkait faktor risiko stroke di pagi hari karena tidak kencing.

JANGAN MALAS UNTUK KENCING MALAM, agar tidak mati karena terkena serangan jantung bagi yang sudah seusia kita.

Satu info kesehatan penting bagi orang awam tentang masalah kencing malam, jantung & penyumbatan pembuluh darah.

Ini adalah pengetahuan penting tentang pencegahan STROKE !!!

Gejala paling umum pada orang tua adalah masalah KENCING MALAM.

Karena takut kencing di malam hari, orang takut minum air, tak tahu bahwa bila tak minum air sebelum tidur dan bangun malam sehabis kencing juga tidak minum air, itu adalah PENYEBAB UTAMA penyumbatan pembuluh darah otak bagi orang tua di pagi hari.



Simak Video "Cerita Penulis Vabyo Kena Stroke di Usia 35 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)