Sabtu, 16 Nov 2019 13:10 WIB

Benarkah Manekin Ini Dibuat dari Mayat Wanita Asli? Ini Kata Ahli

Firdaus Anwar - detikHealth
Manekin La Pascualita. (Foto: Tangkapan layar Facebook) Manekin La Pascualita. (Foto: Tangkapan layar Facebook)
Jakarta - Di media sosial beredar foto manekin wanita disebut bernama La Pascualita diyakini dibuat dari mayat wanita asli yang diawetkan. Dari cerita yang beredar pada intinya manekin disebut dibuat oleh seorang pemilik toko gaun pengantin di Meksiko menggunakan mayat anak perempuannya.

Manekin La Pascualita disebut sudah menjadi pajangan di toko sejak tahun 1930-an dan kecantikannya tetap tidak pudar. Beberapa orang bahkan melaporkan merasa diawasi ketika masuk ke toko.

"mmg bikin penasaran siee,,," kata satu pengguna Facebook yang turut membagikan foto dan cerita La Pascualita.


Seorang mortician (ahli pengurus jenazah), Caitlin Doughty, dari Los Angeles menjelaskan bahwa proses pengawetan tidak semudah yang dibayangkan. Hampir mustahil manekin La Pascualita adalah mayat manusia asli karena bila iya pasti akan menunjukkan proses pembusukan.

"Apakah mungkin La Pascualita merupakan mayat yang diawetkan secara sempurna seperti mungkin misalnya Vladimir Lenin? Jawabannya tidak," kata Caitlin seperti dikutip dari kanal Youtube Ask A Mortician.

"Tidak mungkin mayat yang sudah diawetkan sekalipun bisa benar-benar utuh dalam jangka waktu lama. Jenazah Lenin saja membutuhkan dedikasi dari tim profesional untuk secara rutin menjaganya... Bahkan dengan segala perawatan itu jenazah Lenin saja bisa rusak oleh jamur dan perlu diganti beberapa bagian," lanjutnya.

Hal yang sama juga diutarakan oleh halaman pencari fakta The Museum of Hoaxes. Cerita La Pascualita dipastikan hanya lagenda.

"Di kehidupan nyata, tidak semudah itu mengawetkan jenazah," tulis The Museum of Hoaxes.



Simak Video "Kata Psikolog soal Awkarin yang Hengkang dari Instagram"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)