Minggu, 17 Nov 2019 06:59 WIB

Beredar Video Usus Buntu Karena Kebanyakan Makan Mi Instan, Ini Faktanya

Firdaus Anwar - detikHealth
Beredar video dampak mi instan (Foto: Istock) Beredar video dampak mi instan (Foto: Istock)
Jakarta - Di media sosial beredar video yang menunjukkan beberapa orang diduga dokter berusaha mengeluarkan benda berbentuk bulat panjang dari usus pasien. Menurut sang pengunggah, video ini merupakan contoh kasus yang terjadi ketika seseorang kebanyakan makan mi instan.

"Gara2 kebanyakan makan mie beginilah jadinya,, usus buntu," kata salah satu netizen yang mengunggah video di Facebook pada Senin (11/11/2019) lalu.


Dalam video yang viral, disebutkan banyak makan mi instan bisa membahayakan usus.Dalam video disebutkan banyak makan mi instan bisa membahayakan usus. Foto: Tangkapan layar Facebook

Dalam video tampak saat pembedah berusaha mengeluarkan banyak benda panjang berwarna kekuningan dari usus. Benda-benda yang sekilas memang tampak seperti mi atau spageti itu lalu ditempatkan di mangkuk khusus.

Apakah hal tersebut benar bisa terjadi? Ahli pencernaan dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) pernah menyebut anggapan mi instan dapat menyebabkan radang usus buntu sebetulnya adalah keliru.

Menurut dr Ari mengapa orang-orang tidak disarankan makan sering-sering lebih karena mi instan tidak mengandung gizi yang lengkap dan bukan makanan pokok.

Sementara itu untuk potongan video sendiri pencarian detikcom menemukan banyak contoh video serupa di Internet. Hanya saja video yang diunggah, misalnya oleh Society of American Gastrointestinal and Endoscopic Surgeons (SAGES), menyebut bahwa yang dikeluarkan bukan mi instan melainkan cacing parasit Ascaris.

Dikutip dari halaman resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), cacing Ascaris dapat hidup dan berkembang biak di usus. Biasanya seseorang terinfeksi ketika mengonsumsi makanan atau minuman terkontaminasi telur cacing yang tidak dimasak dengan matang.






Simak Video "Mie Instan Ada Kandungan Lilinnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)